:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Gambaran tingkat pengetahuan dan pengaruh media massa terhadap cakupan pin di Wilayah Bekasi tahun 2005

Tity Purwaningsih; Sutriwati Yuni Lestari; Rr. Tutik Sri Hariyati, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Polio adalah penyakit yang sangat menular yang diakibatkan oleh virus polio. penyakit ini menyebabkan kelumpuhan. Penyakit ini dapat dicegah dengan imunisasi polio. Pada bulan Mei ditemukan kasus lumpuh layuh maka pemerintah mengadakan program PIN. Setelah dilakukan PIN, didapatkan cakupan PIN di wilayah Bekasi sebesar 30.46%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan pengaruh media massa terhadap cakupan PIN. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif sederhana. Jumlah sampel sebanyak 112 responden, dengan karakteristik orang tua yang memiliki balita (usia 0-59 bulan). Variabel yang diteliti meliputi tingkat pengetahuan dan media massa.
Dari analisa data didapatkan bahwa gambaran tingkat pengetahuan seimbang antara tingkat pengetahuan tinggi dan tingkat pengetahuan rendah sehingga cakupan PIN menjadi kurang optimal. Untuk pengaruh media massa dari analisa data didapatkan bahwa media massa kurang optimal terhadap cakupan PIN sebesar 52,68%.Berdasarkan hal tersebut peneliti menyarankan umuk meningkatkan kualitas media massa dalam rnemberikan informasi dan mengemas dalam bentuk yang menarik sehingga masyarakat tertarik untuk melihat dan melakukan pesan yang disampaikan.
Untuk puskesmas diharapkan agar lebih meningkatkan penyuluhan tentang PIN. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian di beberapa puskesmas sehingga hasil penelitian yang didapatkan lebih mewakili populasi yang akan diteliti dari berbagai tingkatan masyarakat dan menggunakan instrumen yang telah diuji validitasnya.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Tity Purwaningsih.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA5444
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vi, 31 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5444 16-24-83682301 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20363158