:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Dampak Hemodialisis pada pasien Gagal Ginjal terminalis terhadap perubahan citra tubuh di RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo

Zurman Hatta; Tien Gartinah, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Fungsi ginjal ialah menjaga homeostasis cairan elektrolit dan asam basa dengan cara filtrasi reabsorpsi eksresi ekresi sekresi dan nonsekresi. Gagal ginjal menggambarkan kegagalan fungsi tersebut dengan karakteristik parameter laboratorik untuk GGT yaitu 5-10 ml/menit nilai CCT. dan GFR 10%. Kondisi ini menyebabkan sindroma uremia dan memerlukan terapi pengganti atau dialisis.
Hemodialisis berdampak pada perubahan citra tubuh (Kaplan, 1978). Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan tersebut antara lain mesin dializer, tindakan dialisis yang kontinyu dan perubahan penampilan fisik/ fungsinya serta kerusakan berkemih. Perubahan citra tubuh ini bila tidak ditangani, dapat menjadi stressor yang mengancam integritas personal klien GGT yang menjalani hemodialisis.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dampak hemodialisis pada klien GGT terhadap perubahan citra tubuh. Desain yang digunakan yaitu deskriptif sederhana. Pengumpulan data dilaksanakan tanggal 17-18 Mei 2002 di ruang hemodialisis RSUPN-CM Jakarta dengan metode purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata dampak hemodialisis pada klien GGT terhadap perubahan citra tubuh di dominasi kategori sedang (rata-rata skor=5) dengan perincian total skor 1-4 (ringan)= 37,50% 5-9 (Sedang) = 56,25%. 10-14 (berat) = 6,25% dan 15-18 (sangat berat) = 0%.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : TA5238
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iv, 28 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5238 16-20-307549672 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20363532