Strategi intervensi sosial dalam pengembangan potensi pemuda di Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) DKI Jakarta = Social intervention strategies in the potential development of youth in Purna Caraka Muda Indonesia PCMI DKI Jakarta / Eka Afrina
Eka Afrina;
Kania Saraswati examiner; Lubis, Rissalwan Habdy, supervisor; Bagus Aryo, examiner; Arif Wibowo, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Tesis ini membahas strategi intervensi sosial dalam pengembangan potensipemuda di Purna Caraka Muda (PCMI) DKI Jakarta. Pemuda yang tergabungdalam organisasi ini telah memiliki potensi dasar, namun jika tidak dikembangkandan berhenti setelah program tanpa ada keberlanjutan maka perkembangan potensidalam diri pemuda tidak akan maksimal. Dalam upaya pengembangan potensitersebut dilakukan berbagai strategi yakni empiris-rasional, normatif-re-edukatifdan power.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa PCMI DKI Jakarta masih cenderungmempergunakan strategi empiris-rasional, namun dalam pelaksanaannya jugatelah menerapkan strategi normatif-re-edukatif namun belum terstruktur danterlembaga dengan sistematik. Penelitian ini menyarankan bahwa penerapanstrategi yang paling efektif dalam pengembangan potensi yakni strategi normatifre-edukatif berupa program-program pendidikan dan pelatihan sehingga bisa lebihmendorong perubahan pada diri individu dalam kelompok secara berkelanjutan. ABSTRACT This thesis discusses about the strategies of social intervention in the potentialdevelopment of youth in Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) DKI Jakarta. Youth whoare members of this organization has had the basic potential, but if it stop after theprogram without sustainability the potential in the young man will not be maximized. Indeveloping the potential of various strategies that do empirical-rational,normative-re-educative and power.This study is a descriptive qualitative research design. Based on the survey resultsrevealed that the PCMI Jakarta still tended to use empirical-rational strategy, but inpractice also has implemented a strategy of normative-re-educative but has not beensystematically structured and institutionalized. This study suggests that the application ofthe most effective strategies in the potential development is a normative-re-educative,programs such as education and training so they can push changes to the individual in agroup on an ongoing basis. |
T39296-Eka Afrina.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T39296 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 154 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T39296 | 15-23-28329195 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20364754 |