ABSTRAK Penelitian ini membahas mengenai internalisasi multikulturalisme di Sekolahdengan latar keagamaan yang berbeda. Lokasi penelitian adalah SMAI Al Izhardengan latar keagamaan Islam dan SMA Kolese Gonzaga dengan latar keagamaanKatolik. Kedua Sekolah berlokasi di Jakarta Selatan. Penelitian ini dengamenggunakan metode kualitatif dengan strategi studi kasus. pertama, untukmenjelaskan perbandingan internalisasi multikulturalisme di SMAI Al Izhar danSMA Kolese Gonzaga yang memiliki latar keagamaan berbeda. Kedua, untukmenjelaskan mengenai praktik multikultural dilihat melalui pola-pola relasi yangterjalin antara aktor-aktor yang terlibat dalam proses internalisasimultikulturalisme di sekolah. Analisis mengenai internalisasi multikulturalismedan praktik multikulturalisme di sekolah diketahui dari peran masing-masingaktor yang terlibat di sekolah yaitu, Kepala Sekolah (Pimpinan Sekolah), Guru,Karyawan, Peserta Didik dan Orang Tua Peserta Didik.Beberapa temuan yang didapat pada penelitian ini dapat digambarkandalam beberapa aspek. Pertama, internalisasi multikulturalisme dipengaruhi olehnilai keagamaan masing-masing sekolah yang mewujud pada visi, misi, dan corevalues. Kedua, internalisasi multikulturalisme kepada peserta didik dilakukanmelalui kegiatan pembelajaran dan program-program yang dirancang sekolah.Ketiga, praktik multikulturalisme dilihat melalui pola-pola relasi yang terjalinantara aktor-aktor yang terlibat dalam proses internalisasi multikulturalisme disekolah. ABSTRACT This study discusses the internalization of multiculturalism in school withdifferent religious background. SMAI Al Izhar with Islamic religious backgroundand SMA Kolese Gonzaga with Catholic religious background. Both of Schoolsare located in South Jakarta. This study using qualitative methods with case studystrategy. The aims of this study are,first, to explain the internalization ofmulticulturalism in SMAI Al Izhar and SMA Kolese Gonzaga which has adifferent religious background. Second, to explain the practice of multiculturalthrough the patterns of relationships that exist between the actors involved in theprocess of internalization of multiculturalism in schools. Analysis of theinternalization of multiculturalism and the practice of multiculturalism in schoolknown from the relationship pattern of each actor involved in the school. Theactors are Vice Pronciples, Teachers, Students. Employees, and the parents ofstudents.This study can describe in several aspects. First, internalization ofmulticulturalism influenced by religious values of each school as embodied in thevision, mission, and core values. Second, internalization of multiculturalismthrough learning activities and programs are designed by school. Third, thepractice of multiculturalism through the patterns of relationshipsthat exist betweenthe actors who involved in the process of internalization of multiculturalism inschools. |