Analisis pengaruh penyebaran informasi melalui media sosial terhadap pengambilan keputusan pengguna jalan dalam menghadapi kemacetan studi kasus traffic management centre Polda Metro Jaya = Impact analysis of information sharing in social media on road users decision making during traffic congestion case study of jakarta metropolitan police headquarter s traffic management centre / Andhika P Putra Mapparesa
Andhika P. Putra Mapparesa;
Riri Satria, supervisor; R. Yugo Kartono Isal, examiner; Wahyu Catur Wibowo, examiner
(Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Masalah kemacetan di Jakarta merupakan kumulasi dari berbagai masalah lalulintas. Polda Metro Jaya selaku penegak hukum dan pelaksana manajemen lalulintas membuat TMC sebagai wadah untuk penyebaran informasi lalu lintas.Namun pada kenyataannya, TMC belum terbukti dapat membantu penggunajalan dalam menghadapi lalu lintas. Penelitian ini menganalisis apakahpenyebaran informasi oleh TMC Polda Metro Jaya di media sosial berdampakterhadap pengambilan keputusan pengguna jalan, terutama ketika berhadapandengan kemacetan. Metode pengambilan data dari penelitian ini menggunakansurvey dengan waktu pengambilan sampel cross section yang disebar padafollower akun Twitter dan Facebook TMC Polda Metro Jaya. Hasil surveyyang diperoleh dianalisis menggunakan piranti lunak olah data statistik denganuji regresi linear berganda. Dari 624 responden, diperoleh hasil bahwa faktorfungsional, bauran pemasaran, dan kualitas informasi dari TMC Polda MetroJaya berpengaruh terhadap keputusan pengguna jalan. ABSTRACT The principal objective of this paper is to analyze the impact of informationsharing done by Jakarta Metropolitan Police Headquarter’s TrafficManagement Centre (TMC) with the road users’ decision making process. Theimpact of TMC is hoped to enease road users handling traffic congestion.Traffic congestion has always been main problem for any metropolitan cities,including Jakarta. This paper research how information sharing involvinginteraction, trust, online marketing mix, information quality and service qualityimpacts the road users’ decision making process. Research method used in thisresearch is cross sectional, where questionaires were shared among theFacebook and Twitter followers of TMC. A total of 624 respondents repliedthe questionaires and the data then processed using statistical software packagewith linear regression analysis. The result of this research proves thatfunctionality, online marketing mix, and information quality of TMC impactsignificantly on road users’ decision making. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 103 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-23-45733539 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20364900 |