Studi kasus pengaruh kemahiran berbicara mitra tutur dalam tes kemahiran berbicara format berpasangan = Case study effects of interlocutor's proficiency in paired speaking test / Putri Kamalia Hakim
Putri Kamalia Hakim;
Sisilia Setiawati Halimi, supervisor; F.X. Rahyono, examiner; Khunou, Grace
(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Tesis ini membahas pengaruh kemahiran berbicara mitra tutur terhadap kemahiranberbicara peserta tes dalam tes kemahiran berbicara format berpasangan. Dalampenelitian ini, kemahiran peserta tes dilihat melalui kualitas dan kuantitas tuturanpeserta tes yang diproduksi ketika mengerjakan tes kemajuan. Kualitas tuturandilihat melalui aspek tata bahasa, kosakata, pemahaman, kefasihan, pelafalan, danpemenuhan tugas. Kuantitas tuturan dilihat melalui produksi C-units dan giliran.Penelitian ini adalah studi kasus yang bersifat eksperimental. Pelajar yang menjadisubjek penelitian diberikan tindakan berupa pemberian mitra tutur yang memilikikemahiran berbicara yang sama dan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkanbahwa dalam tes kemahiran berbicara format berpasangan, perbedaan tingkatkemahiran berbicara mitra tutur mempengaruhi kualitas tuturan peserta tes yangmemiliki kemahiran berbicara tinggi pada aspek pemenuhan tugas dan perbedaantingkat kemahiran berbicara mitra tutur mempengaruhi kuantitas tuturan pesertates yang memiliki kemahiran berbicara tinggi dan rendah. ABSTRACT This study focuses on the effects of interlocutor proficiency toward the test taker`sproficiency in paired speaking test. In this study, test taker proficiency wasviewed through the language quality and language quantity produced in a progresstest. The language quality was seen through six different aspects. They aregrammar, vocabulary, comprehension, fluency, pronunciation, and taskcompletion. The language quantity was seen through the production of C-unitsand turns. This research is an experimental case study in which the test takers asthe research subjects did two tasks with two different interlocutors. The resultrevealed that in paired speaking tests, the interlocutor`s proficiency affects thelanguage quality of high proficiency test takers in terms of task completion. Theresult also revealed that in a paired speaking test, the interlocutor`s proficiencyaffects the language quantity of high proficiency and low proficiency test takers. |
T39240-Putri Kamalia Hakim.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T39240 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 93 pages : illustartion ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T39240 | 15-23-52525347 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20365176 |