:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pemilihan teknologi pada pembangunan infrastruktur kereta api ekspres bandara dengan menggunakan pendekatan value engineering = Railway technologies selection on development of express railway infrastructure using value engineering approach

Mohamad Zulkarnain; Mohammed Ali Berawi, supervisor; Bambang Susantono, supervisor; R. Jachrizal Sumabrata, examiner; Wahyu Utomo, supervisor; Enoh Suharto, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Proyek pembangunan kereta api ekspres bandara Soekarno Hatta sebagai proyek KPS yang melibatkan pihak swasta, memerlukan biaya investasi yang sangat besar. Hal ini menyebabkan kurangnya minat pihak swasta, sehingga perlu upaya inovatif dan kreatif dalam perencanaan pembangunan agar diperoleh hasil yang dapat menarik minat investor untuk ikut serta dalam pembiayaan proyek. Salah satu upaya adalah dengan melakukan pemilihan teknologi perkeretaapian untuk mendapatkan konsep desain yang optimal. Teknologi yang akan diterapkan dalam pembangunan infrastruktur kereta api ekspress bandara dapat memberikan dampak terhadap proses dan biaya pada saat pembangunan itu sendiri ataupun kemudahan proses dan biaya perawatan dan operasional yang diperlukan pada masa konsesi dan sesudahnya. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi jenis-jenis teknologi dan melakukan kajian terhadap teknologi yang akan yang akan dipilih untuk digunakan dalam pembangunan kereta api ekspres Bandara Interasional Soekarno Hatta. Metode yang digunakan adalah value engineering dengan analisa life cycle cost untuk mengetahui dampak pemilihan teknologi terhadap optimasi biaya investasi. Hasil dari penelitian ini adalah teknologi komponen infrastruktur yang dipilih memberikan dampak nilai NPV dan IRR yang paling besar diantara pilihan teknologi lainnya.

Express railway construction projects Soekarno Hatta airport as PPP projects involving private parties, requires a very large investment costs. This leads to lack of interest of private parties, so we need innovative and creative efforts in development planning in order to obtain results which can attract investors to participate in financing the project. One of the efforts is to conduct selection of railway technology to obtain optimal design concept. The technology will be applied in the construction of the airport express railway infrastructure can have an impact on the process and cost during the construction process itself, nor the ease and cost of maintenance and operations needed in the concession period and thereafter. This study aimed to identify the types of technology and a review of the technology that will be selected for use in the construction of an express railway of Soekarno Hatta International Airport. The method used is value engineering with the life cycle cost analysis to determine the impact of technology on the selection of the investment cost optimization. The selected infrastructure components technology impact the NPV and IRR of the most substantial among other technology options.

 File Digital: 1

Shelf
 T39021-Mohamad Zulkarnain.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T39021
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 123 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T39021 15-24-93012610 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20365335