ABSTRAK Balairung Hotel Jakarta merupakan salah satu etnik hotel, yang bertaraf internasionaldi Jakarta. Jumlah kunjungan wisatawan ke Jakarta yang kian meningkat, tidakdiimbangi dengan jumlah tamu yang menginap di Balairung Hotel Jakarta terutamapada saat weekend dan hari libur, yang disebabkan oleh banyaknya jumlah hotel diJakarta. Sehingga pihak manajemen perlu meninjau kembali strategi pemasarannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan olehBalairung Hotel Jakarta dan menemukan alternative strategi untuk menaikkan tingkathunian Balairung Hotel Jakarta.Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus,.Analisa lingkungan perusahaan dengan analisis SWOT, analisis lingkungan eksternalmenggunakan matriks EFE dan lingkungan internal menggunakan matriks IFE, keduahasil analisis digabungkan dalam matriks IE. Responden dalam penelitian ini meliputimanajemen puncak yang berjumlah tujuh orang yang membawahi tiap tiap divisipada organisasi Balairung Hotel Jakarta.Hasil analisis faktor lingkungan eksternal dan faktor lingkungan dalam matriks IEmenunjukkan Balairung Hotel Jakarta berada pada posisi kuadran I yaitu tumbuhdan berkembang (grow and develop). Alternatif strategi pemasaran yang bisaditerapkan adalah strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembanganproduk. ABSTRACT Jakarta Balairung Hotel is one of the ethnic hotels considered as an internationallevel hotel located in Jakarta. The number of visitors which is increasing rapidlymoreover when it comes to the weekends and holidays is as unequal as thenumber of guests who stay in Jakarta Balairung Hotel. This condition is caused bythe numerous hotels located in Jakarta. Therefore, the management party ofJakarta Balairung Hotel needs to re-observe the marketing strategy is being used.This research aims to examine the marketing strategy applied by JakartaBalairung Hotel’s management and find out the alternative marketing strategy andmarketing plan to increase the number of customers in Jakarta Balairung Hotel.This research uses a qualitative research method with case study as the approach.The result of company environmental analysis by using SWOT analysis methodwill be combined in IE matrix with the analysis of external environmental factorsby using EFE matrix and the analysis of internal environmental factors by usingIFE matrix. The respondents of this research are the top managements with thetotal number of seven persons. Each person is responsible for each division inorganizational structure of Jakarta Balairung Hotel.The result of external and internal environmental factors analysis in IE matrixshows that Jakarta Balairung Hotel is stated in quadrant I which belongs to the‘grow and develop’ level. The alternative marketing strategy that can be appliedin Jakarta Balairung Hotel is market penetration strategy, market developmentstrategy, and product development strategy. |