Efektivitas program modifikasi perilaku dengan metode social modeling dan token economy untuk meningkatkan perilaku terkait tugas di kelas dalam mempersiapkan anak masuk sekolah dasar = The effectiveness of a behavior modification program with social modeling and token economy to increase task related behavior in the classroom as a preparation for a child to enter the elementary school / Yessica Kristanti Paramita Putri
Yessica Kristanti Paramita Putri;
Lucia R.M. Royanto, supervisor; Airin Yustikarini Saleh, supervisor; Eva Septiana, examiner; Luh Surini Yulia Savitri, examiner
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Seorang anak perlu menguasai kesiapan sekolah sebelum ia masuk Sekolah Dasar.Salah satu aspek kesiapan sekolah yang perlu dikuasai adalah keterampilan sosial,khususnya perilaku terkait tugas. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengujiefektivitas program modifikasi perilaku dengan metode social modeling dan tokeneconomy untuk meningkatkan perilaku terkait tugas di kelas anak. Desain yangdigunakan adalah pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkanbahwa program ini cukup efektif untuk meningkatkan perilaku terkait tugas subjek dikelas dan terdapat perbedaan yang signifikan terutama pada perilaku mengikutiinstruksi verbal guru selama kegiatan di kelas dan mengarahkan pandangan mata kearah guru selama guru mengajar. ABSTRACT A child should have a school readiness before entering the elementary school. Theone of school readiness’ aspect that a child should mastering is a social behavior,especially task related behavior. The objective of this present research is discoveringthe effectiveness of a behavior modification program with social modeling dan tokeneconomy to increase task related of behavior of a child in the classroom. The researchuses pretest-posttest control group design. The result shows that the program iseffective to increase task related behavior on subject in the classroom and there aresignificance differences in following teacher’s verbal instructions during class’activity and paying attention to the teacher when she teaches the subject.Key words : behavior modification, early childhood, school readiness, |
T39023-Yessica Kristanti Paramita Putri.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T39023 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 69 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T39023 | 15-23-63341545 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20365452 |