Sistematisasi program pengembangan profesional di lembaga bahasa Inggris X = Systemizing professional development program in English language X / Alva Nurvina Sularso
Alva Nurvina Sularso;
Grace Josephine Tiwon Wiradisastra, supervisor; F.X. Rahyono, examiner; Sisilia Setiawati Halimi, examiner
(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Tesis ini membahas evaluasi program pengembangan profesional di kantorcabang lembaga kursus Bahasa Inggris X dengan menggunakan siklus ContinuingProfessional Development (CPD) pada empat tahapan, yaitu tahap perencanaan,tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini adalahpenelitian kualitatif dengan menggunakan alat ukur wawancara semi struktur,observasi, dokumen, dan kuesioner. Hasil penelitian menyarankan bahwa adabeberapa hal yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan dampak dariimplementasi program pengembangan profesional di institusi X, antara lain:adanya sosialisasi lebih lanjut mengenai pentingnya partisipasi guru dalamprogram pengembangan profesional baik untuk pribadi maupun untuk karir,adanya kesempatan bagi guru untuk terlibat dalam tahap perencanaan programprogrampengembangan profesional institusi, adanya dorongan dari institusi(melalui kepala kursus) bagi guru untuk berinisiatif mengelola programpengembangan profesionalnya sendiri melalui melalui Personal DevelopmentRecord dan Development Action Plan, dan membuat suatu sistem jaringan CPDdimana masing-masing guru dapat mengakses akun CPD mereka dan mengelolaprogram pengembangan profesional mereka sendiri. ABSTRACT The focus of this study is an evaluation of professional development programs inbranch offices of English language course X by using Continuing ProfessionalDevelopment (CPD) cycle of four stages of planning, action, evaluation, andreflection. This research is qualitative based with data collection by semistructuredinterview, observation, document analysis, and questionnairespreading. The researcher suggests that the institution should do the followingactions to improve the impact of professional development programs. First,institution X should conduct further socialization on the importance of teachers’participation in the CPD programs for the sake of both personal and careerdevelopment in the institution. Second, institution X should provide anopportunity for teachers to take part in institution’s CPD programs’ planningstage. Third, institution X should encourage teachers (through course principal) tohave initiative in organizing their own personal CPD program by making PersonalDevelopment Record (PDR) and Development Action Plan (DAP). Lastly,institution X should develop a CPD program or application where each teachercan access their CPD account and run their own personal CPD program. |
T38615-Alva Nurvina Sularso.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T38615 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 119 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T38615 | 15-23-18308104 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20365591 |