Deskripsi Lengkap
| Bahasa : | ind |
| Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
| Tipe Konten : | text (rdacontent) |
| Tipe Media : | unmediated (rdamedia); computer (rdamedia) |
| Tipe Carrier : | volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier) |
| Deskripsi Fisik : | xv, 119 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
| Naskah Ringkas : | |
| Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
| Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
- Ketersediaan
- File Digital: 1
- Ulasan
- Sampul
- Abstrak
| No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
|---|---|---|
| T38615 | 15-23-18308104 | TERSEDIA |
| Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20365591 |
Abstrak
ABSTRAK
Tesis ini membahas evaluasi program pengembangan profesional di kantor cabang lembaga kursus Bahasa Inggris X dengan menggunakan siklus Continuing Professional Development (CPD) pada empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan alat ukur wawancara semi struktur, observasi, dokumen, dan kuesioner. Hasil penelitian menyarankan bahwa ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan dampak dari implementasi program pengembangan profesional di institusi X, antara lain: adanya sosialisasi lebih lanjut mengenai pentingnya partisipasi guru dalam program pengembangan profesional baik untuk pribadi maupun untuk karir, adanya kesempatan bagi guru untuk terlibat dalam tahap perencanaan programprogram pengembangan profesional institusi, adanya dorongan dari institusi (melalui kepala kursus) bagi guru untuk berinisiatif mengelola program pengembangan profesionalnya sendiri melalui melalui Personal Development Record dan Development Action Plan, dan membuat suatu sistem jaringan CPD dimana masing-masing guru dapat mengakses akun CPD mereka dan mengelola program pengembangan profesional mereka sendiri.
ABSTRACT
The focus of this study is an evaluation of professional development programs in branch offices of English language course X by using Continuing Professional Development (CPD) cycle of four stages of planning, action, evaluation, and reflection. This research is qualitative based with data collection by semistructured interview, observation, document analysis, and questionnaire spreading. The researcher suggests that the institution should do the following actions to improve the impact of professional development programs. First, institution X should conduct further socialization on the importance of teachers? participation in the CPD programs for the sake of both personal and career development in the institution. Second, institution X should provide an opportunity for teachers to take part in institution?s CPD programs? planning stage. Third, institution X should encourage teachers (through course principal) to have initiative in organizing their own personal CPD program by making Personal Development Record (PDR) and Development Action Plan (DAP). Lastly, institution X should develop a CPD program or application where each teacher can access their CPD account and run their own personal CPD program.
Tesis ini membahas evaluasi program pengembangan profesional di kantor cabang lembaga kursus Bahasa Inggris X dengan menggunakan siklus Continuing Professional Development (CPD) pada empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan alat ukur wawancara semi struktur, observasi, dokumen, dan kuesioner. Hasil penelitian menyarankan bahwa ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan dampak dari implementasi program pengembangan profesional di institusi X, antara lain: adanya sosialisasi lebih lanjut mengenai pentingnya partisipasi guru dalam program pengembangan profesional baik untuk pribadi maupun untuk karir, adanya kesempatan bagi guru untuk terlibat dalam tahap perencanaan programprogram pengembangan profesional institusi, adanya dorongan dari institusi (melalui kepala kursus) bagi guru untuk berinisiatif mengelola program pengembangan profesionalnya sendiri melalui melalui Personal Development Record dan Development Action Plan, dan membuat suatu sistem jaringan CPD dimana masing-masing guru dapat mengakses akun CPD mereka dan mengelola program pengembangan profesional mereka sendiri.
ABSTRACT
The focus of this study is an evaluation of professional development programs in branch offices of English language course X by using Continuing Professional Development (CPD) cycle of four stages of planning, action, evaluation, and reflection. This research is qualitative based with data collection by semistructured interview, observation, document analysis, and questionnaire spreading. The researcher suggests that the institution should do the following actions to improve the impact of professional development programs. First, institution X should conduct further socialization on the importance of teachers? participation in the CPD programs for the sake of both personal and career development in the institution. Second, institution X should provide an opportunity for teachers to take part in institution?s CPD programs? planning stage. Third, institution X should encourage teachers (through course principal) to have initiative in organizing their own personal CPD program by making Personal Development Record (PDR) and Development Action Plan (DAP). Lastly, institution X should develop a CPD program or application where each teacher can access their CPD account and run their own personal CPD program.