Perencanaan pembuatan e-magazine budaya populer pople = The manufacture planning of popular culture e-magazine pople
Masajeng Rahmiasri;
Mangiang, Masmimar, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)
|
BAGIAN IAnalisis Situasi Budaya populer digemari oleh masyarakat. Remaja adalah salah satu kalangan yang paling banyak mengonsumsi produk budaya tersebut. Konsumsi ini dibantu oleh media massa. Namun, konsumsi itu tidak dibarengi dengan pemahaman yang memadai mengenai budaya tersebut. Karena itu, dibuatlah e-magazine POPle. POPle berfokus pada analisis tentang budaya populer, bukan hanya tentang aspek hiburannya saja.BAGIAN 2Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototype Remaja memahami budaya populer yang sedang berkembang di Indonesia, baik budaya populer yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Sehingga, remaja lebih selektif dalam membeli dan mengonsumsi produk budaya populer.BAGIAN 3Prototype yang Dikembanngkan POPle adalah e-magazine bertema budaya populer yang sedang digandrungi remaja Indonesia. Sasaran khalayak POPle adalah remaja berusia 15-21 tahun yang tertarik dengan budaya populer, memiliki SSE (Status Sosial Ekonomi) A-B, serta memiliki akses yang memadai terhadap internet. Majalah ini dibuat fit to page terhadap iPad (vertikal—768 x 1024 px) dan memaksimalkan fungsi multimedia, yaitu video, foto, teks dan audio. Naskah terdiri dari naskah interpretatif, feature, dan tips.BAGIAN 4Evaluasi Evaluasi majalah ini terdiri dari dua bagian yaitu rencana pre-test media dan rencana evaluasi produk. Pre-test dilakukan sebelum edisi pertama dirilis, untuk mengecek kesesuaian antara rancangan majalah dengan kebutuhan pembaca. Sementara, evaluasi produk dilakukan secara bertahap dan dibagi ke dalam tiga kategori yaitu evaluasi input, evaluasi output, dan evaluasi outcome.BAGIAN 5Anggaran Investasi Awal : Rp 113.217.320 Total Pengeluaran Bulanan : Rp 91.867.250 Total Pengeluaran per tahun : Tahun Pertama : Rp 1.248.874.320 Tahun Kedua : Rp 1.317.562.408 Tahun Ketiga: Rp 1.390.028.340 Target pendapatan Tahun pertama : Rp 615.771.688 Tahun kedua: Rp 948.718.750 Tahun Ketiga : Rp 1.459.521.875 Break Even Point (BEP) dicapai pada tahun ketiga. FIRST PARTSituation Analysis Popular culture is well-favored by citizens. Teenagers are one of the citizen groups who consumes popular culture the most. This consumption is aided by the mass media. Yet, the consumption is not accompanied by a good understanding about the culture. Therefore, an e-magazine named POPle is created POPle focuses more to analytical contexts than entertainment.SECOND PARTBenefits and Purposes of Prototype Development Teenagers understanding the popular culture which is currently developing in Indonesia, whether it is coming from inside or outside the country. The understanding is not about the entertainment aspect only. Thus, they will be more selective in buying and consuming popular culture products.THIRD PARTDeveloped Prototype POPle is an e-magazine about popular culture that is currently being a trend in Indonesia teenagers’ life. POPle’s audience target are teenagers ranging from 15-21 years old who are interested in popular culture, within the A-B Social Economic Status (SES), and have a good access to internet. The magazine is created with an iPad fit-to-page size (vertical—768x1024 px) and maximalizes multimedia functions, which are video, photo, texts, and audio. The articles are written in interpretative, feature, and tips style.FOURTH PARTEvaluation The magazine’s evaluation is consisted of two parts, which are the media pre-test design and product evaluation design. Pre-test will be executed before the first magazine edition is released, to check the compatibility between magazine’s design and readers’ need. Meanwhile, product evaluation will be conducted in stages and is divided into three categories, which are input, output, and outcome evaluation.FIFTH PARTBudgets Early Investments : Rp 113.217.320 Total Monthly Expenditures : Rp 91.867.250 Total Yearly Expenditures : First Year : Rp 1.248.874.320 Second Year: Rp 1.317.562.408 Third Year : Rp 1.390.028.340 Revenue Targets : First Year : Rp 615.771.688 Second Year : Rp 948.718.750 Third Year : Rp 1.459.521.875 Break Even Point (BEP) is reached on the third year. |
![]()
|
No. Panggil : | S54186 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xv, 40 hlm. : ill. ; 28cm + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S54186 | 16-24-21601493 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20366687 |