:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Prototipe insertion radio mengenai sejarah dan kebudayaan Indonesia indotraxia = Prototype of radio insertion concerning history and culture of indonesia indotraxia

(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

[PART 1
Situation Analysis
History, which has been considered as boring stuff, and the large
influence of foreign culture are the reasons why a lot of teenagers in
Indonesia are not interested in studying their own history and culture.
Even mass media which has an important part in educating people
rarely raised both themes into a regular topic. Though history and
culture are important things that should be known by the young
generation. Therefore, they need more information which can provide
knowledge about history and culture of Indonesia. “IndoTraxia”
program is expected to be able to provide that information for
teenagers.
PART 2
Benefits and Objectives of the Developing Prototype
Public Benefit: To provide information and knowledge about history
and culture of Indonesia to the teenagers.
Benefit for Radio Station: To indicate that Trax FM Jakarta concerns
about current social condition that is Indonesian teenagers are starting
to be less-interested in their own nation’s history or culture.
Social Objective: To be the main source of information, as well as to
provide information about history and culture for listeners.
Economic Objective: To attract sponsorships by offering unusual and
educative content that also concerns to social circumstances of the
teenagers today who are less-interested in studying their own history
and culture.
PART 3
The Developing Prototype
The program is called “IndoTraxia” by using feature format. It picks
up various themes of history and culture of Indonesia. “IndoTraxia” is
planned to be broadcasted at Trax FM Jakarta on Monday to Friday,
at 09.30-09.35, 18.30-18.35, 15.30-15.35, 21.30-21.35 and 23.30-
23.35 WIB. The primary target is teenager whose age 15-21, and are
located in Jabodetabek, with SES A, B, C+; while the secondary target
is young people age 22-25.
PART 4
The Evaluation
Pre test will be conducted using Focus Groud Discussion (FGD)
method two weeks before the launch of the program. Total
participants are 12 which are divided into two groups. Meanwhile, the
evaluation will be conducted after the first four episodes being aired.
It will be done by FGD as an instrument and by seeing responses
coming in through various channels.
PART 5
The Budget
Total Budget of Prototype Production : 385.000 IDR
Total Budget of Production (13 episodes): 13.475.000 IDR
Estimation of income (13 Episodes): 214.025.000 IDR
The Budget of Pre Test: 691.400 IDR
The Budget for Evaluation: 813.500 IDR, Sejarah yang sudah terlanjur dianggap membosankan serta gempuran
kebudayaan asing yang masuk, membuat banyak remaja Indonesia
tidak tertarik untuk mempelajari sejarah dan kebudayaan negaranya
sendiri. Media massa yang punya peran besar dalam mengedukasi
masyarakat pun hanya sedikit yang mengangkat kedua tema tersebut
menjadi program rutin. Padahal sejarah dan kebudayaan adalah hal
penting yang harus diketahui oleh anak bangsa. Oleh karena itu,
mereka membutuhkan informasi yang mampu memberi pengetahuan
tentang sejarah dan kebudayaan Indonesia. Program “IndoTraxia”
diharapkan bisa menjadi program yang mampu memenuhi kebutuhan
bagi remaja tersebut.
BAGIAN 2
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat Bagi Khalayak: Memberikan informasi dan pengetahuan
mengenai sejarah dan kebudayaan Indonesia kepada para remaja.
Manfaat Bagi Stasiun Radio: Menunjukkan bahwa Trax FM Jakarta
peduli dengan kondisi sosial saat ini, yaitu banyak remaja yang mulai
tidak tertarik dengan sejarah dan kebudayaan Indonesia.
Tujuan Sosial: Menjadi sarana informasi serta memenuhi kebutuhan
pendengar akan informasi mengenai sejarah dan kebudayaan
Indonesia yang masih minim diangkat media massa.
Tujuan Ekonomi: Menarik para sponsor dengan menawarkan konten
yang tidak biasa, jarang, mengedukasi, dan juga peduli terhadap
keadaan sosial para remaja saat ini yang kurang tertarik dengan
sejarah dan kebudayaan bangsanya sendiri.
BAGIAN 3
Prototipe yang dikembangkan
Program ini bernama “IndoTraxia” dan berformat feature. Program
ini mengangkat berbagai tema sejarah dan kebudayaan Indonesia,
serta direncanakan untuk disiarkan di Trax FM Jakarta pada hari
Senin hingga Jumat pukul 09.30-09.35, 18.30-18.35, 15.30-15.35,
21.30-21.35 dan 23.30-23.35. Target pendengar utama program ini
adalah remaja dengan usia 15-21 tahun yang berada di Jabodetabek,
dengan SES A, B, dan C+. Sedangkan target sekundernya adalah
anak muda dengan usia 22-25 tahun.
BAGIAN 4
Evaluasi
Pre test dilakukan dengan metode Focus Groud Discussion (FGD).
Peserta berjumlah 12 orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Pre
test akan dilakukan dua minggu sebelum program “IndoTraxia”
disiarkan dengan daftar pertanyaan FGD sebagai instrumen.
Sedangkan, evaluasi akan dilakukan setelah empat episode pertama
ditayangkan. Evaluasi dilakukan dengan FGD dan melihat berbagai
respon yang masuk melalui berbagai channel.
BAGIAN 5
Anggaran
Jumlah Anggaran Pembuatan Program: Rp 385.000,-
Jumlah Biaya Produksi 35 episode: Rp 13.475.000,-
Prakiraan Pendapatan 35 Episode: Rp 214.025.000,-
Jumlah Anggaran Pre Test: Rp 691.400,-
Jumlah Anggaran Evaluasi: Rp 813.500,-]

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Issha Harruma.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S58597
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 31 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S58597 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20367313