:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis penerimaan dan penggunaan e-learning (studi kasus instruktur di PPPTK Bahasa Jakarta) = Acceptance and use analysis of e-learning (a case study at instructors of PPPPTK Bahasa Jakarta)

Sugihartati Puji Rahayu; Sensuse, Dana Indra, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan internet berdampak pada pengelolaan dunia pendidikan dan pembelajaran di Indonesia. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Bahasa sebagai lembaga yang mempunyai tanggung jawab meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di Indonesia telah memanfaatkan perkembangan teknologi informasi sebagai strategi untuk memperluas jangkauan dan memperoleh target sasaran yang semakin banyak. Strategi tersebut adalah implementasi elearning dalam sistem diklat yang bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah penyampaian informasi bagi PTK Bahasa di seluruh Indonesia. Setelah 2 tahun berjalan, pemanfaatan dan penggunaan e-learning di PPPPTK Bahasa belum mencapai sasaran yang diharapkan. Dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan dan penggunaan e-learning, dilakukan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan e-learning tersebut. Penelitian fokus pada penerimaan dan penggunaan e-learning oleh widyaiswara/instruktur PPPPTK Bahasa sebagai pengguna, pengajar, dan pengembang konten.
Penelitian ini menggunakan pendekatan model UTAUT. Model UTAUT dimodifikasi dengan menambahkan beberapa variabel dengan merujuk pada penelitian-penelitian sebelumnya.Variabel yang digunakan antara lain performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, attitude toward using technology, self-efficacy, information quality, system quality, service quality, behavioral intention, actual use, dan moderator usia. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling dengan Partial Least Square (PLS-SEM) menggunakan smartPLS.
Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan e-learning oleh widyaiswara/instruktur di PPPPTK Bahasa adalah facilitating conditions, service quality, attitude toward using technology, dan behavioral intention. Pengaruh faktor-faktor tersebut tidak dipengaruhi oleh faktor usia.

The development of information technology and internet have impact on the management of education and learning in Indonesia. PPPPTK Bahasa as a center for development and empowerment of languageā€™s teachers and education personnels has the responsibility for improving the quality of teachers and education personnels in Indonesia. PPPPTK Bahasa have made use of information technology as a strategy to expand and acquiring more targets. The strategy is the implementation of e-learning in education and training system, which aims to speed up and simplify the delivery of information for language's teachers and education personnels in Indonesia. After 2 years of implementation, utilization and use of e-learning in PPPPTK Bahasa did not achieve the expected goals. In order to optimize the utilization and use of e-learning, conducted research on the factors that influence the acceptance and use of e-learning. The study focused on the acceptance and use of e-learning by lecturers/instructors as a user, teacher, and content developers.
This research used UTAUT model approach. UTAUT model was modified by adding several variables that refered to preview studies. The variables in theoritical framework include performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, attitude toward using technology, self-efficacy, information quality, system quality, service quality, behavioral intention, actual use, and age as a moderator. Methods of data analysis using Structural Equation Modeling with Partial Least Square (PLS-SEM) and smartPLS as tool.
This study states, the factors that affect the use of e-learning by lecturers/instructors in PPPPTK Bahasa are facilitating conditions, service quality, attitude toward using technology, and behavioral intention. This influence is not influenced by age.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Sugihartati Puji Rahayu.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 142 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-22-44115468 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20367360