:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh representasi vertikal gambar dan status sosial ekonomi terhadap penilaian daya tarik fisik pada pria dan wanita = Effect of pictures vertical representation and socioeconomic status to physical attractiveness in man and woman

Mhd. Thaufik Furqan Geldorry; Harry Susianto, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Metafora adalah alat bantu komunikasi berupa representasi yang memiliki peranan dalam pengolahan informasi. Menurut pendekatan embodied cognition peranan tubuh, interaksi sosial, dan lingkungan mempengaruhi kognisi seseorang. Dalam kognisi suatu konsep (misalnya power dan SSE) diolah dalam bentuk representasi mental (misalnya representasi vertikal dan informasi diri). Berdasarkan pendekatan psikologi evolusioner, ditemukan bahwa status sosial ekonomi (SSE) memiliki pengaruh yang berbeda terhadap daya tarik pada pria dan wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur apakah letak gambar, yang merupakan representasi atas power, dan informasi SSE gambar memiliki pengaruh yang berbeda terhadap daya tarik fisik lawan jenis antara pria (n = 25) dan wanita (n = 43).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari letak gambar, SSE, dan jenis kelamin terhadap daya tarik fisik. Selain itu terdapat pengaruh interaksi antara letak gambar, jenis kelamin gambar, dan jenis kelamin partisipan. Hasil ini mendukung temuan sebelumnya mengenai pemilihan pasangan menurut pendekatan evolusioner dan studi representasi vertikal. Penelitian ini juga menemukan bahwa SSE secara dominan mempengaruhi penilaian terhadap daya tarik fisik individu.

Metaphor is a communication tool that has a role of representation in information processing. According to embodied cognition approach, body, social interaction, and environment affect a person's cognition. In the cognition, abstract concepts (e.g. power and SSE) is processed in the form of mental representations (e.g. vertical representation and personal information). Based on the approach of evolutionary psychology, found that social economic status (SSE) has a different effect on the attractiveness in men and women (e.g. , Buss, 1989; Meier & Dionne, 2009). This study aimed to measure whether the location of the picture, which is a representation of power, and images SSE information have a different effect on the physical attractiveness of the opposite sex between men (n = 25) and women (n = 43).
Results of this study indicate that there is significant influence of the location of the picture, SSE, and sex on physical attractiveness. These results support previous findings regarding mate selection according to the evolutionary approach and the off-line vertical representation studies. This study also found that, the SSE is predominantly affecting the assessment of individual physical attractiveness.

 File Digital: 1

Shelf
 Mhd. Thaufik Furqan Geldorry.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S53390
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 55 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S53390 14-24-91209360 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20367484