:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan Pola Asuh Ayah dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa = The Relationship between Paternal Parenting Styles and Achievement Motivation in College Students

Anastassia Delphi Octavina; Stephanie Yuanita Indrasari, examiner; Lucia R.M. Royanto, supervisor; Eko Handayani ([Publisher not identified] , 2014)

 Abstrak

ABSTRAK
Motivasi berprestasi merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh mahasiswa. Hal tersebut berguna untuk menjaga kehidupan akademisnya. Salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi motivasi berprestasi tersebut adalah faktor keluarga. Jika dikatakan faktor keluarga memiliki pengaruh terhadap motivasi berprestasi, maka pola asuh dari ayah juga dapat memiliki peran di dalam motivasi berprestasi tersebut. Pola asuh itu sendiri terdiri dari tiga tipe, yakni permisif, otoritarian, dan otoritatif (Baumrind, 2003). Sayangnya, masih terdapat pandangan yang mengatakan pola asuh hanya menjadi fokus ibu. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan di antara pola asuh ayah dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa. Teknik analisis ini akan dilakukan dengan One-Way Anova. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil F 3.059 > 3.04 dan p 0.049 < 0.05. Hal ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh ayah dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa. Hasil ini sekaligus membuktikan pendapat Brooks (2011) yang mengatakan bahwa pengaruh pola asuh orang tua tidak hanya terjadi ketika anak berada di usia sekolah, tetapi juga ketika telah berada di kelompok remaja. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ayah diharapkan untuk tetap terlibat dalam pengasuhan anaknya, meskipun anaknya telah menjadi seorang mahasiswa.

ABSTRACT
Achievement motivation is an important thing in college student’s life. It could keep student’s academic life well. One external factor that influencing achievement motivation is familial influences. If familial factor influences college student’s achievement motivation, so that paternal parenting style could be a thing whose influence in that. There are three styles in paternal parenting styles: permissive, authoritarian, and authoritative (Baumrind, 2003). Unfortunately, there’s phenomenon said that parenting is a kind of mother business only. This research aimed for looking the relationship between paternal parenting styles and achievement motivation in college students. Analysis technique used in this research is One-way Anova. The main result showed F 3.059 > 3.04 and p 0.049 < 0.05. That result means there’s significantly relationship between paternal parenting styles and achievement motivation in college students. The result has proved Brook’s opinion (2011) that parenting influences not only in children, but also in adolescent period. Based on the result, a father is expected to be embroiled in parenting, nevertheless his child has been a college student.

 File Digital: 1

Shelf
 S54123-Anastassia Delphi Octavina.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S54123
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 69 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S54123 S54123 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20367920