Abstrak
Penerapan doctrine of foreign equivalents terhadap Merek AQUA yang merupakan merek untuk produk air minum dalam kemasan, menempatkan Merek AQUA sebagai merek generik dalam tingkatan kekuatan daya pembeda merek, sebab kata ?aqua? dalam Merek AQUA memiliki arti kata ?air? apabila diterjemahkan dari bahasa Latin ke dalam bahasa Indonesia merupakan kata yang menerangkan nama barangnya yaitu air minum. Unsur berupa keterkenalan merek dan penggunaan merek secara terus-menerus oleh PT Aqua Golden Mississippi sekalipun tidak dapat memberikan secondary meaning terhadap Merek AQUA sebagai merek generik. Perlindungan hukum yang dapat diberikan terhadap Merek AQUA hanyalah Merek AQUA sebagai marks as per set dengan pengecualian terhadap kata ?aqua?.
......
The application of doctrine of foreign equivalents to AQUAŽ which is the trademark for bottled drinking water products, placing AQUAŽ as a generic marks based on the spectrum of trademark distinctiveness, because the word 'aqua' in AQUAŽ means 'water' when translated from Latin to Indonesian describing the products namely bottled drinking water. Even elements such as famous and well-known marks and continuous usage of trademark by PT Aqua Golden Mississippi cannot achieve any secondary meaning to AQUAŽ as generic marks. The legal protection that can be given to AQUAŽ as trademark is only as marks as per set with the exception of the word 'aqua'.