ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang proses lahirnya Al-Irsyad Bogor dan upaya realisasiprogram kerja lembaga Al-Irsyad Bogor, khususnya dalam bidang pendidikanpada tahun 1928-1966. Dalam upaya mencari fakta dan data sejarah, metodepenelitian sejarah dengan empat tahap digunakan dalam skripsi ini, yaitu heuristik,kritik sumber sejarah, eksplanasi dan kausalitas, dan historiografi. Penemuanpenemuandalam skripsi ini membuktikan bahwa madrasah Al-Irsyad Bogor tetapdapat memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat Islam di Bogor, meskipunsekolah tersebut telah mengalami berbagai tekanan, seperti pencabutan subsidipendidikan oleh pemerintah kolonial, baik pada masa pemerintahan Belandamaupun Jepang. Masa kemerdekaan Indonesia menjadi pintu gerbang utama bagiAl-Irsyad Bogor untuk mengembangkan sekolah Islam dengan mendirikan SMPAl-Irsyad Bogor. ABSTRACT This thesis discusses about the establishment of Al-Irsyad Bogor and the efforts asa means of realizing its frameworks and programs, particularly in educationalaspects during the year of 1928-1966. In the efforts of thoroughly finding thehistorical evidences and data, four steps of historical research method hadcompletely been used in this thesis, they are heuristic, historical sources criticism,explanation and causality, and historiography. The results of this research showthat the madrasah of Al-Irsyad Bogor could still be able to fill the Islamic societyeducation needs, although the madrasah had been in pressures arised by colonialgovernment, either Dutch or Japan. The time right after the independence day,then, had been a main gate for Al-Irsyad Bogor to develop the Islamic schoolthrough several ways, such as establishing Al-Irsyad Bogor Junior High School. |