Perancangan sistem kendali kecepatan putar motor DC shunt menggunakan I/O linearization = Design of speed control system for DC shunt motor using I/O linearization
Ardhanarendra;
Abdul Halim, supervisor; Feri Yusivar, examiner; Aries Subiantoro, examiner
([Publisher not identified]
, 2014)
|
[ABSTRAKMotor DC shunt sudah banyak digunakan di industri. Berbeda dengan motor DC umumnya, motor DC shunt memiliki karakteristik tidak linear. Ketidaklinearan motor dc shunt menjadi tantangan dalam perancangan sistem kendali kecepatan putar khususnya ketika terjadi perubahan beban. Skripsi ini membahas tentang perancangan sistem kendali kecepatan putar motor dc shunt menggunakan pengendali PI (Proportional Integral) dan I/O (Input/Output) Linearization. Kendali kecepatan putar dimaksudkan untuk mempertahankan kecepatan putar motor pada nilai referensinya meskipun terjadi perubahan beban. Perancangan kedua pengendali dilakukan menggunakan model motor DC shunt linear dan tak linear. Model DC shunt dan hasil rancangan pengendalinya disimulasikan menggunakan MATLAB SIMULINK. Dari hasil simulasi, pengendali PI dapat mempertahankan kecepatan putar motor sesuai nilai referensinya meskipun ada perubahan beban. Sedangkan pengendali I/O Linearization, selain dapat mempertahankan kecepatan putar sesuai nilai referensinya dalam kondisi perubahan beban, dapat juga mengikuti nilai referensi kecepatan putar yang baru. ABSTRACT, DC shunt motors are already widely used in industry. Unlike common DC motor ,DC shunt motors have highly nonlinear characteristics . Nonlinearity of shunt dcmotor is a challenge in the design of speed control system, especially when the loadchanges . This research discusses design of speed control system for shunt dc motorusing PI ( Proportional Integral ) and I / O ( Input / Output ) linearization . Speedcontrol is intended to maintain actual motor speed to its reference value despitechanges in load. The design of both controllers performed using a linear and nonlinear model of shunt DC motor. DC shunt model and its controllers is simulatedusing MATLAB SIMULINK. From the simulation results, the PI controller canmaintain the rotational speed of the motor according to the reference value eventhough there is load change. Besides of maintaining rotational speed to its referencevalue in the load condition changes, I / O linearization can be used to followrotational speed to new rotational speed reference .] |
![]()
|
No. Panggil : | S54042 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 57 pages : illustration ; 30 cm |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S54042 | 14-18-517582068 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20368147 |