[ABSTRAKIndustri otomotif memberikan konstribusi terbesar dalam produk domestik bruto Indonesia. Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan industri otomotif, terutama industri mobil, persaingan antar produsen mobil semakin tinggi. Hal ini mengakibatkan hasil keluaran produk dari berbagai produsen mobil akan mencapai tahap dimana hampir semuanya memiliki standar kualitas yang sama. Keadaan ini mendorong konsumen untuk memanfaatkan faktor lain di luar spesifikasi fungsional dan kualitas untuk membuat keputusan membeli mobil, yaitu persepsi afektif. Penelitian ini membahas bagaimana konsumen mobil tipe city car di Indonesia menilai produk dari sisi bentuk eksterior dengan mengeluarkan sisi afektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kansei Engineering, lebih tepatnya menggunakan Kansei Words. Pengolahan data dari konsumen dilakukan dengan metode association rule mining dan conjoint analysis. Dari hasil peneltiian, diketahui bahwa terdapat lima kelompok Kansei Words yang mewakili persepsi afektif konsumen, yaitu klasik (classic) dan ramping (sleek), mantap/kuat (robust) dan bertenaga/tangguh (powerful), mencolok (sporty) dan formal (formal), lucu/imut (cute), dan modern (modern). Keluaran akhir dari penelitian ini adalah terbentuknya 5 usulan desain baru untuk bentuk eksterior city car yang memenuhi masing-masing kelompok Kansei Words di atas. ABSTRACT, Automotive industry delivering a great contribution to Indonesia by accounting highpercentage in gross domestic product. As automotive industry is developing,especially for car industry, the competition between car companies is highlyincreasing. This condition resulted in a situation where products from different carcompanies having the same standard for quality. Therefore, customers are triggered toconsider another factor beside functional specification and quality, which is affectiveperception. This research focused on how customers of city car in Indonesia evaluatethe product from its exterior shape by considering their affective side. Method of thisresearch is Kansei Engineering, specifically its Kansei Words. Data from customersare processed with the method of association rule mining and conjoint analysis. Fromthe output of this research, there are 5 groups of Kansei Words that representcustomers’ affective perception, which are classic and sleek, robust and powerful,sporty and formal, cute, and modern. The final output from this research are 5recommended designs for city car exterior shape that describe all the Kansei Wordsabove.] |