:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis faktor yang mempengaruhi adopsi produk teknologi masyarakat Indonesia : studi kasus kartu tiket elektronik kereta rel listrik commuter line (KRL CL) = Analysis of factors affecting the technological product adoption among indonesian case study electronic ticket card of kereta rel listrik commuter line (KRL CL)

Nabilla Nur Anisah; Amalia Suzianti, supervisor; Erlinda Muslim, examiner; Boy Nurtjahyo Moch., examiner; Maya Arlini Puspasari, supervisor; Akhmad Hidayatno, examiner (Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Kartu tiket elektronik pada moda transportasi Kereta Rel Listrik Commuter Line mulai diberlakukan tahun 2013 untuk mengganti model pembayaran tiket secara manual. Terdapat dua buah jenis kartu tiket elektronik yang berlaku, yaitu Tiket Harian Berjaminan dan Tiket Multi Trip. Implementasi produk teknologi yang masih baru bagi masyarakat Indonesia ini tidak pelak menimbulkan berbagai masalah dalam pelaksanaannya, seperti kesulitan pembayaran uang jaminan maupun proses pembacaan kartu pada mesin yang tidak lancar. Penelitian ini pun berupaya memberi rekomendasi saran implementasi produk teknologi kartu elektronik yang sesuai dengan perilaku masyarakat Indonesia dalam mengadopsi produk teknologi sehingga akan meminimalisasi masalah yang timbul saat dilakukan implementasi produk serupa di masa datang. Pada penelitian ini, dilakukan analisis faktor yang berhubungan dengan proses adopsi masyarakat Indonesia terhadap produk teknologi baru menggunakan Technology Adoption Model (TAM) oleh Davis (1989) dan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasilnya menunjukkan bahwa masyarakat perlu kondisi fasilitas infrastruktur yang memadai untuk dapat merasakan kemudahan penggunaan kedua jenis kartu, sehingga mereka mampu menarik manfaat dari produk teknologi ini. Khusus jenis kartu Tiket Harian Berjaminan, intensifikasi uji coba produk serta penyederhanaan sistem pembayaran mampu meningkatkan manfaat yang diterima pengguna kartu Tiket Harian Berjaminan. Untuk kedua jenis kartu. semakin tinggi manfaat yang dirasakan penumpang dari penggunaan suatu produk teknologi, maka intensi penggunaan produk juga akan meningkat.

 File Digital: 1

Shelf
 S54489-Nabilla Nur Anisah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S54489
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online source
Deskripsi Fisik : xii, 75 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S54489 14-20-295070465 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20368261