Deskripsi Lengkap

Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text (rdacontent)
Tipe Media : unmediated (rdamedia); computer (rdamedia)
Tipe Carrier : volume (rdacarrier); online source (rdacarrier)
Deskripsi Fisik : xviii, 156 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Ketersediaan
  •  File Digital: 1
  •  Ulasan
  •  Sampul
  •  Abstrak
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S54511 TERSEDIA
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20368362
 Abstrak
ABSTRAK
Skripsi ini merupakan studi penggunaan tanda dalam novel grafis Insekt karya Sascha Hommer. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat proses yang dilalui Pascal sebagai tokoh utama dalam mengonstruksikan identitas dirinya sebagai das Fremde dan das Eigene, ditinjau dari aspek semiotis dan hermeneutika. Data dianalisis dengan menggunakan teori semiotika Barthes, dan teori hermeneutik interkultural Krusche. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi identitas diri dilalui Pascal melalui proses awal sebagai das Eigene yang kemudian berubah menjadi das Fremde, hingga akhirnya Pascal berhasil berkompromi dengan dirinya untuk menjadi das Eigene kembali.
ABSTRACT
This undergraduate thesis is a study about the use of signs in graphic novel: Insekt by Sascha Hommer. The purpose of this study is to see the process through Pascal as the main character in his construction identity as das Fremde and das Eigene from semiotic and hermeneutic aspects. The data was analyzed by using Barthes semiotics theory and Krusche?s interkulture hermeneutics theory. Method that being used in this research is qualitative descriptive. The outcome of this research shows that identity construction from the main character can be passed through the initial process as das Eigene which turned into das Fremde. Pascal finally compromise with himself to be das Eigene back.