ABSTRAK Seiring dengan berkembangnya teknologi, fenomena internet memiliki peran yangsangat penting. Di Indonesia sendiri, fenomena internet cukup berkembang sangatpesat dalam 12 tahun terakhir ini. Salah satu fenomena yang berkembang seiringdengan peningkatan penggunaan internet adalah tumbuhnya e-commerce. Salah satutipe situs e-commerce di Indonesia yang sedang marak adalah situs e-retailer.Walaupun e-commerce di Indonesia meningkat setiap tahunnya ternyata masihbanyak sekali orang yang masih ragu untuk melakukan transaksi pada suatu situsonline. Menurut salah satu penelitian mengatakan bahwa konsumen memberanikandiri untuk berbelanja pada suatu situs yang memiliki rekomendasi yang baik.Sehingga kepuasan pelanggan memiliki peran sangat besar. Oleh karena itu perlukiranya dilakukan analisa preferensi konsumen terhadap atribut situs e-retailer secarakomprehensif yang ditinjau dari faktor teknologi, faktor berbelanja dan faktor produk.Penelitian ini dilakukan terhadap 124 pengguna situs e-retailer yang tinggal diJabodetabek. Adapun metode yang digunakan adalah Conjoint analysis serta Clusteranalysis untuk menentukan segmentasi. Hasil penelitian ini mengatakan bahwaurutan aspek dari yang paling penting pada sebuah situs e-retailer adalah keragamanproduk yang ditawarkan, keamanan situs e-retailer, kepercayaan konsumen,Kenyamanan berbelanja, nilai dari produk yang dibeli, pengiriman produ, privasi datakonsumen dan yang terakhir adalah fitur dan desain situs. ABSTRACTAlong with the development of technology, the Internet phenomenon has a veryimportant role in our everyday life. In Indonesia, this phenomenon is developing veryrapidly in the past 12 years. Another phenomenon that is growing along with the useof the Internet is e-commerce. One of e-commerce sites that are emerging inIndonesia is e-retailer. Although e-commerce in Indonesia is increasing every yearthere are still many people who are reluctant to do transactions on an online site.According to a research, consumers are more attracted to a site that has a goodrecommendation. So the customer satisfaction has a very important role. Therefore, itwould needed to analyze comprehensively the consumer preferences for attributes ofthe e-retailer sites in terms of technology factors, shopping factors and productfactors. This study was conducted on 124 users of e-retailers who live in Jakarta,Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi Area. The method used is Conjoint analysisand Cluster analysis to determine segmentation of consumers. The results of thisstudy is that the three most important aspect of an e-retailer in order to increase thelevel of customer satisfaction is the diversity of products offered, followed by thesecurity of e- retailers, and consumer’s trust. These are followed by shoppingconvenience, the value of the product purchased, shipping, data privacy and featuresof the site. |