Kondisi cuaca seringkali menjadi penyebab kerusakan permukaan jalan.Penggunaan bahan tambah pada aspal menjadi solusi alternatif untuk menjadikanaspal memiliki ketahanan terhadap suhu maupun air. Penelitian ini dimaksudkanpenggunaan limbah serabut kelapa pada bitumen pen 60/70 sebagai betoncampuran panas yang dimodifikasi. Pengujian karakteristik aspal meliputi:penetrasi sebelum dan setelah kehilangan berat aspal, titik lembek, titik nyala danbakar, daktilitas, berat jenis, kelarutan dalam TCE. Semua pengujian telahdilakukan dengan variasi ukuran serat 0.5cm, 0.75cm, 1cm dalam persentase seratterhadap berat bitumen 0.5%, 0.75%, dan 1%. Penurunan terjadi pada pengujianpenetrasi sebelum kehilangan berat, daktilitas dan kelarutan dalam TCE, sertameningkat pada pengujian penetrasi setelah kehilangan berat, titik lembek, titiknyala dan bakar, berat jenis dan penurunan berat. Penggunaan serat sabut kelapasebagai bahan tambah pada aspal telah menunjukkan peningkatan ketahanan aspalterhadap pengaruh temperatur. Kandungan 0.75% serat terhadap berat bitumentelah menunjukkan hasil terbaik. Weather conditions are often the cause of damage to the road surface . The use ofmaterials added to asphalt be an alternative solution to make asphalt haveresistance to temperature and water . This research aimed at using waste coconutfiber pen bitumen 60/70 as modified hot mix concrete . Testing of bitumencharacteristics include : penetration before and after losing weight bitumen ,softening point , flash point and burn , ductility , density , solubility in TCE . Alltests have been done with the variation of fiber size 0.5cm , 0.75cm , 1cm inpercentage of the weight of bituminous fiber 0.5 % , 0.75 % , and 1 % . Thedecline occurred in penetration testing before losing weight , ductility andsolubility in TCE , as well as increases in penetration testing after losing weight ,melting point , flash point and burn , density and weight . The use of coconut coirfiber as the material added to the asphalt pavement has shown an increasedresistance to the effects of temperature . Fiber content of 0.75 % by weight of thebitumen has shown the best results . |