:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Identifikasi karakteristik bitumen pen 60/70 dengan penambahan limbah sabut kelapa

Irfan Maulana Nazri; Sigit Pranowo Hadiwardoyo, supervisor ([Publisher not identified] , 2013)

 Abstrak

Kondisi cuaca seringkali menjadi penyebab kerusakan permukaan jalan.
Penggunaan bahan tambah pada aspal menjadi solusi alternatif untuk menjadikan
aspal memiliki ketahanan terhadap suhu maupun air. Penelitian ini dimaksudkan
penggunaan limbah serabut kelapa pada bitumen pen 60/70 sebagai beton
campuran panas yang dimodifikasi. Pengujian karakteristik aspal meliputi:
penetrasi sebelum dan setelah kehilangan berat aspal, titik lembek, titik nyala dan
bakar, daktilitas, berat jenis, kelarutan dalam TCE. Semua pengujian telah
dilakukan dengan variasi ukuran serat 0.5cm, 0.75cm, 1cm dalam persentase serat
terhadap berat bitumen 0.5%, 0.75%, dan 1%. Penurunan terjadi pada pengujian
penetrasi sebelum kehilangan berat, daktilitas dan kelarutan dalam TCE, serta
meningkat pada pengujian penetrasi setelah kehilangan berat, titik lembek, titik
nyala dan bakar, berat jenis dan penurunan berat. Penggunaan serat sabut kelapa
sebagai bahan tambah pada aspal telah menunjukkan peningkatan ketahanan aspal
terhadap pengaruh temperatur. Kandungan 0.75% serat terhadap berat bitumen
telah menunjukkan hasil terbaik.

Weather conditions are often the cause of damage to the road surface . The use of
materials added to asphalt be an alternative solution to make asphalt have
resistance to temperature and water . This research aimed at using waste coconut
fiber pen bitumen 60/70 as modified hot mix concrete . Testing of bitumen
characteristics include : penetration before and after losing weight bitumen ,
softening point , flash point and burn , ductility , density , solubility in TCE . All
tests have been done with the variation of fiber size 0.5cm , 0.75cm , 1cm in
percentage of the weight of bituminous fiber 0.5 % , 0.75 % , and 1 % . The
decline occurred in penetration testing before losing weight , ductility and
solubility in TCE , as well as increases in penetration testing after losing weight ,
melting point , flash point and burn , density and weight . The use of coconut coir
fiber as the material added to the asphalt pavement has shown an increased
resistance to the effects of temperature . Fiber content of 0.75 % by weight of the
bitumen has shown the best results .

 File Digital: 1

Shelf
 S53092-Irfan Maulana Nazri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S53092
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 82 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S53092 14-17-137199491 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20368744