:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Kekerasan dalam media penyiaran sebuah studi kasus program pesbukers = Violence in broadcast media a case study from pesbukers tv show

William, Steven; Ade Armando, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Tingkat kekerasan yang terjadi pada anak- anak di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada tahun 2013 angka kekerasan pada anak- anak yang dilaporkan kepada Komisi Nasional Perlindungan Anak sebanyak 2.637. Media penyiaran sebagai salah satu agen sosialisasi dianggap ikut berperan dalam meningkatnya kasus kekerasan. Saat ini banyak sekali tayangan dalam televisi yang menampilkan adegan kekerasan. Adegan kekerasan itu tampil dalam banyak bentuk program salah satunya hiburan komedi.
Dan berdasarkan dengan Teori Pembelajaran Sosial bahwa televisi dapat menjadi model untuk seseorang anak belajar mengenai apa yang ada dalam tayangan televisi mereka termasuk kekerasan. Melalui metode studi pustaka pembahasan dalam makalah ini bertujuan untuk melihat bagaimana sebuah tayangan televisi dapat memberikan dampak negatif dalam pertumbuhan anak- anak dikaikan dengan pembelajaran sosial melalui pengamatan melalui media penyiaran. Selain itu ingin melihat apakah regulasi yang ada untuk mengatur isi siaran telah dilaksanakan dengan baik oleh stasiun televisi. Sehingga dengan mengetahui permasalahan kita dapat mencari jalan keluar dalam pengawasan isi siaran televisi agar lebih ramah anak dan dapat menjadi sarana pendidikan bagi anak.

The level of violence that happens to children in Indonesia has an increase in every year. At 2013 the number of violence happening to children is estimated to around 2.637 cases as it is reported by the National Committee on Child Protection. Media broadcast as an agent of socialization also plays a role in the increasing number of violence. Right now many programs in television show violence. Those violent scenes are shown in many formats including comedy.
Based on social learning theory, television shows can be a model for children to learn including one of them which is violence. Through the studies in this writing we will see how TV programs can give negative impact to a children's growth where we will see it through the analysis of social learning theory. Also we will look at how regulations that exist to regulate have been carried out well or not. By knowing the problems we currently then we could have a better way to fix and find a way out so our TV programs would be more children friendly and can be a way to educate them.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Steven William.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 20 hlm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-20-264315408 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20368949