:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Tayangan "Courtesy of Youtube" mendulang keuntungan besar dengan mengabaikan copyright dan validitas informasi (studi kasus pada program on the Spot Trans 7) = "Courtesy of Youtube" program gaining big profit without considering the copyright and information's validity (a study of on the Spot program on Trans 7)

Putri Ariani; Ade Armando, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Beberapa tahun belakangan, program yang menggunakan video YouTube sebagai sumber utama produksi siaran marak bermunculan di layar kaca televisi Indonesia. Membuat program dengan video YouTube sangatlah mudah dan murah dibanding dengan memproduksi sendiri suatu tayangan. Dengan bermodalkan waktu dan biaya yang sedikit, program sejenis ini dapat mendulang keuntungan yang sangat besar. Pionir dari program 'Courtesy of YouTube' ini adalah On The Spot yang ditayangkan oleh Trans 7 sejak tahun 2010. Meskipun program On The Spot meraih kesuksesan, terdapat beberapa masalah yang menghadangnya, yaitu masalah copyright dan validitas informasi.
Penelitian ini bermaksud untuk menganalisa acara On The Spot dilihat dari peraturan YouTube, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan opini masyarakat dari tahap produksi, konsumsi sampai distribusi. Pada akhirnya, On The Spot menjadi kontroversi dan terbukti melanggar peraturan yang ditetapkan oleh YouTube dan KPI.

In recent years, programs that use YouTube's videos as the main source of its production are widely spread in Indonesia's television industry. Creating a program with YouTube's video is very simple and inexpensive, compared with producing the original one. It only takes a little time and low cost to gain a very satisfying revenue. The pioneer is 'On The Spot', which has been broadcasted by Trans 7 since 2010. Despite its success, there are some serious problems with this program, involving copyright and information's validity issue.
This research is made to analyze the 'On The Spot' program from the perspective of YouTube's term of service, Komisi Penyiaran Indonesia's (KPI) regulation and public opinion, from production to consumption and distribution level. In the end, 'On The Spot' has become a controversy and has been caught violating the rules that has been established by YouTube and KPI.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Putri Ariani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 26 hlm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-20-642991901 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20368959