Penerapan prinsip floor time untuk meningkatkan kemampuan ekspresi verbal pada anak dengan expresive language desorder
Anita Chandra;
Mayke Sugianto Tedjasaputra, supervisor; Hera Lestari Mikarsa, examiner
([Publisher not identified]
, 2008)
|
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pengaruhpenerapan prinsip Floor Time pada anak dengan gangguan bahasa ekspresif danefektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan komunikasi verbal. Penelitiandilakukan dengan menerapkan program intervensi kepada anak perempuanberusia empat puluh bulan yang mengalami gangguan bahasa ekspresif{expressive language disorder). Program intervensi dilakukan dalam delapan sesi dengan menerapkan prinsipFloor Time. Tiap sesi berlangsung selama ±45 menit. Keberhasilan intervensidilihat dengan membandingkan persentase jumlah siklus komunikasi verbal danjumlah kata-kata bermakna yang berhasil ditampilkan partisipan pada sesi praintervensidan pasca intervensi Dari hasil intervensi dapat ditarik kesimpulanbahwa (1) intervensi dengan menggunakan prinsip-prinsip Floor Time dapatmeningkatkan kemampuan komunikasi verbal pada anak yang mengalamigangguan bahasa ekspresif, (2) penerapan intervensi dengan menggunakan prinsipFloor Time dapat meningkatkan kemampuan ekspresi verbal anak denganmenggunakan kata-kata yang bermakna, dan (3) penerapan prinsip Floor Timemempengaruhi kemampuan penguasaan kata dan meningkatkan jumlah kosakataanak. |
|
No. Panggil : | T37822 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2008 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 78 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T37822 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20369680 |