Program bagi orang tua untuk mengajarkan nilai menghargai untuk anak usia 6-8 tahun
Nina Febriana;
Lydia Freyani Hawadi, supervisor; Tjut Rifameutia Umar Ali, examiner
([Publisher not identified]
, 2007)
|
ABSTRAK Menghargai merupakan salah satu nilai universal yang dibutuhkan manusia untuk dapathidup berdampingan secara harmonis dengan manusia lainnya. Sayangnya sikapmenghargai sesama tersebut semakin lama semakin pudar. Hal ini mengakibatkanterjadinya krisis karakter di negara ini baik pada golongan dewasa ataupun anak-anak.Untuk menghindari dampak yang lebih parah diperlukan pendidikan karakter yangmemadai, terutama untuk generasi muda. Orang tua merupakan figur yang paling tepatdalam mengajarkan nilai moral ini kepada anak. Berdasarkan hasil wawancara analisis kebutuhan terhadap 5 orang partisipan ibu yangmemiliki anak berusia 6-8 tahun diketahui bahwa mereka memerlukan pembekalan agarmampu mengajarkan pendidikan karakter terutama nilai menghargai secara memadai dirumah. Pembekalan tersebut meliputi pengetahuan tentang pendidikan karakter secaraumum, nilai menghargai, dan keterampilan pengasuhan yang berkaitan denganpengajaran nilai menghargai. Selain itu wawancara juga dilakukan terhadap 5 orangpartisipan anak berusia 6-8 tahun. Hasil wawancara menunjukkan bahwa merekamembutuhkan materi pengajaran nilai menghargai, terutama sikap menghargai dirisendiri dan lingkungan. Program pengajaran nilai menghargai ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pembekalanprogram untuk orang tua dan tahap pelaksanaan program pengajaran yang akandiberikan oleh orang tua di rumah. Tahap pembekalan terdiri dari 5 sesi dengan durasiper sesi sekitar 45 menit, sedangkan untuk tahap pengajaran bagi anak terdiri dari 17sesi dengan durasi per sesi sekitar 30 menit. Materi kegiatan meliputi pengajaran nilaimenghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan serta pengaplikasian nilai-nilaitersebut dalam situasi nyata. Evaluasi program akan dilakukan setiap akhir sesi danpada situasi sehari-hari. Saran yang dapat diberikan dalam penyusunan modul programini adalah perlunya mengambil sampel analisis kebutuhan yang lebih bervariatif daribeberapa sekolah yang berbeda sehingga program ini dapat diterapkan pada populasiyang lebih luas lagi. |
T37860-Nina Febriana.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T37860 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 80 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T37860 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20369724 |