Hubungan bilingualisme dan pola asuh autoritatif pada kreativitas-sebuah studi terhadap siswa Sekolah Dasar kelas 5 Bogor
HR Prihatinawati;
Tjut Rifameutia Umar Ali, examiner; Linda Primana, examiner; Puji Lestari S. Prianto, examiner
([Publisher not identified]
, 2010)
|
ABSTRAK Keuntungan dan kerugian pembelajaran bahasa kedua sejak usia dini hingga sekarangmasih diperdebatkan (Izdihar, 2009). Pada beberapa kasus, pembelajaran bahasakedua pada usia dini dipercaya justru dapat menghambat perkembangan kemampuanbicara siswa (Howell, P; Davis, S; William, R, 2009). Tesis ini membahas tentanghubungan bilingualisme dan pola asuh autoritatif pada perkembangan kreativitassiswa kelas 5 SD di Bogor. Kemampuan kreativitas anak diukur menggunakan TesKreativitas Verbal/TKV paralel 1 (Munandar, 1988), bilingualisme diukurmenggunakan Picture Naming Test/PNT (Kharkhurin, 2008), dan pola asuhautoritatif dilihat melalui kuesioner pola asuh autoritatif. Selain itu, hal-hal lain yangdiperhitungkan dalam penelitian ini adalah usia belajar bahasa kedua (secondlanguage acquisition/SLA), bahasa yang dipergunakan di rumah, serta jenis kelamin.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: 1) bilingualisme berkorelasi positif dengan kreativitas, namuntidak demikian halnya dengan pola asuh autoritatif dan kreativitas; 2) bahasacampuran Inggris-Indonesia yang dipergunakan sehari-hari berkorelasi positif dengankreativitas; 3) usia mulai belajar bahasa kedua berkorelasi negatif terhadapkelancaran bilingual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasakedua sejak dini dapat membawa keuntungan bagi siswa dengan cara mendukungperkembangan kreativitas siswa, khususnya jika bahasa tersebut dilatih dandipergunakan sehari-hari. |
T37864-HR Prihatinawati.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T37864 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2010 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 90 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T37864 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20369734 |