Rancangan modil pelatihan bagi pengajar yang menerapkan multiple intelligences pada proses belajar mengajar di tingkat prasekolah
Sigit Tri Hartanto Sukamto;
Siahaan, Frieda Maryam Mangunsong, supervisor; Rose Mini Agoes Salim, examiner
([Publisher not identified]
, 2007)
|
ABSTRAK Pasal 10 BAB III Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun2002 tentang Perlindungan Anak secara jelas membuka kesempatan pada anakagar mendapat dukungan dan penghargaan terhadap pengembangan dirinya,sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya. Oleh sebab itu, pemberianrangsangan yang tepat sangatlah penting pada masa lima tahun pertama dalamkehidunpan anak yang dikenal dengan istilah “The Golden AgeKonsep dari kecerdasan yang semakin berkembang mengantarkantemuan baru mengenai konsep Multiple Intelligences yang kemudian diterapkanpada Prasekolah-prasekolah dengan tujuan untuk mengembangkan segala aspekkecerdasan yang dimiliki oleh anak didiknya. Penerapan konsep tersebutseyogyanya didukung oleh kemampuan dari pengajarnya agar penerapan tersebutdapat beijalan secara optimal, sehingga sangatlah penting dalam membuat suaturancangan modul pelatihan dalam upaya untuk mempersiapkan tenaga pengajaragar dapat menjalankan fungsinya tersebut dengan baik. Program pelatihan inidirancang untuk membekali para pengajar dalam upaya penerapan konsepMultiple Intelligences secara optimal dan juga mengatasi keluhan dan kendalayang diakibatkan kesenjangan kemampuan yang mereka miliki sebelumnyaSubjek penelitian adalah para pengajar di prasekolah yang menerapkankonsep Multiple Intelligences seperti Sekolah Alam Bogor dan Global IslamicLabSchool Depok. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metodewawancara serta kuesioner bagi para pengajar untuk didapatkan informasi yangberguna untuk menyusun materi dari modul pelatihan yang dirancang berdasarkanhasil analisa kebutuhan.Rancangan modul pelatihan dirancang berdasarkan hal-hal yang perludikembangkan pada para pengajar yang antara lain adalah pengetahuan dasarmengenai perkembangan anak usia dini, kemampuan merancang pola pengajaranMultiple Intelligences yang sesuai, pengembangan kreativitas pengajar dalampenerapannya serta keterampilan dalam mengkomunikasikan perkembangan siswakepada orang tuanya. ABSTRACT Section 10 CHAPTER of III [Code/Law] Republic Of Indonesia Number23 Year 2002 about Protection of Child clearly open opportunity for child in orderto get appreciation and support to development of themself, as according tointellegence storey;level and his/her age. On that account, giving of correctexcitement of vital importance at a period of five first year in child life, it'srecognized with term11 The Golden Age.Conception of intelligence which progressively expand to send newfinding regarding concept of Multiple Intelligences which is later,then applied bypreschools as a mean to develop all intellegence aspect had by its protege.Applying of the concept is properly supported by ability of its instructor so thatthe applying can walk in an optimal fashion, so that of vital importance in makinga training module device in the effort to draw up instructor energy, so that can runits function better, this Training program is designed to supply all instructor in theeffort applying of concept of Midtiple Intelligences in an optimal fashion as wellas overcoming resulted by constraint, and sigh ability difference which they havepreviously.Research Subjek are instructors in preschool which is applying concept ofMultiple Intelligences like Natural School of Bogor and Global of IslamicLabschool Depok. Method data collecting by using method interview and alsoquesioner to all instructor in order to got information which good for compilingitems of designed training module pursuant to result of requirement analysis.Module training device designed pursuant to things required to developedby all instructors which for example; basic knowledges concerning growth of agechild early, ability design pattern instruction of appropriate Multiple Intelligences,development of instructor creativity in its applying and also skill incommunicating growth of student to its old fellow |
![]()
|
No. Panggil : | T37620 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 65 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T37620 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20369737 |