Appreciative inquiry sebagai model penunjang untuk meningkatkan efektifitas coaching dan proses performance appraisal di perusahaan
Budhi Wirawan;
Eddie Cahyono Putro, supervisor; Rumeser, J.A.A., examiner
([Publisher not identified]
, 2007)
|
ABSTRAK Tugas akhir ini berfokus pada bagaimana menggunakan pendekatan appreciative inquirydalam coaching dan performance appraisal khususnya diterapkan pada programpersiapan kader kepemimpinan yang terpadu pada PT X.Permasalahan yang hendak dikaji adalah kurang tepatnya program mentoring yangselama ini dilaksanakan oleh PT X, sehingga perlu usulan perbaikan dengan melakukanmodifikasi atas program mentoring, menjadi program coaching dalam proses persiapankader kepemimpinan terpadu guna mempersiapkan calon-calon pemimpin unit kerjaperusahaan di masa yang akan datang. Penggantian tersebut diperlukan mengingat dalamprogram mentoring fokus utamanya adalah bukan pada performance karyawan, namunlebih kepada adanya transfer nilai-nilai dari seorang mentor kepada mentee. Programmentoring juga lebih bersifat tanpa agenda yang terstruktur. Sedangkan apa yang hendakditerapkan oleh PT X adalah adanya fokus pada performance karyawan denganmenggunakan agenda tertentu. Dengan demikian program coaching akan lebih tepatuntuk diterapkan.Selanjutnya, tujuan dari tugas akhir ini adalah memberikan usulan bahwa coaching danperformance appraisal yang diterapkan akan lebih efektif bila menggunakan pendekatanappreciative inquiry. Beberapa keunggulan pendekatan appreciative inquiry ini adalah :1) merangsang adanya komunikasi secara lebih terbuka antara atasan dengan karyawan,karena diawali dengan sikap menghargai apa yang telah diraih; 2) mendorong karyawanuntuk mengemukakan ide-ide secara lebih kreatif; 3) berupaya menggali potensi yangdimiliki dengan berpikir secara positif terhadap apa yang bisa dicapai di masa dating 4)disamping itu pendekatan appreciative inquiry juga, memberikan kesempatan yangseluas-luasnya kepada peserta untuk membuka wawasan positif, berpikir imajinatif danmencari alternatif-alternatif baru dalam melaksanakan perubahan; 5) agar pendekatanappreciative inquiry tersebut dapat diterapkan secara efektif diperlukan pelatihan terlebihdahulu bagi para atasan, yaitu pelatihan atasan sebagai coach dan pelatihan pendekatanappreciative inquiry dalam proses coaching dan performance appraisal. |
T37628-Budhi Wirawan.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T37628 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 38 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T37628 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20369756 |