:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Appreciative inquiry sebagai model penunjang untuk meningkatkan efektifitas coaching dan proses performance appraisal di perusahaan

Budhi Wirawan; Eddie Cahyono Putro, supervisor; Rumeser, J.A.A., examiner ([Publisher not identified] , 2007)

 Abstrak

ABSTRAK
Tugas akhir ini berfokus pada bagaimana menggunakan pendekatan appreciative inquiry
dalam coaching dan performance appraisal khususnya diterapkan pada program
persiapan kader kepemimpinan yang terpadu pada PT X.
Permasalahan yang hendak dikaji adalah kurang tepatnya program mentoring yang
selama ini dilaksanakan oleh PT X, sehingga perlu usulan perbaikan dengan melakukan
modifikasi atas program mentoring, menjadi program coaching dalam proses persiapan
kader kepemimpinan terpadu guna mempersiapkan calon-calon pemimpin unit kerja
perusahaan di masa yang akan datang. Penggantian tersebut diperlukan mengingat dalam
program mentoring fokus utamanya adalah bukan pada performance karyawan, namun
lebih kepada adanya transfer nilai-nilai dari seorang mentor kepada mentee. Program
mentoring juga lebih bersifat tanpa agenda yang terstruktur. Sedangkan apa yang hendak
diterapkan oleh PT X adalah adanya fokus pada performance karyawan dengan
menggunakan agenda tertentu. Dengan demikian program coaching akan lebih tepat
untuk diterapkan.
Selanjutnya, tujuan dari tugas akhir ini adalah memberikan usulan bahwa coaching dan
performance appraisal yang diterapkan akan lebih efektif bila menggunakan pendekatan
appreciative inquiry. Beberapa keunggulan pendekatan appreciative inquiry ini adalah :
1) merangsang adanya komunikasi secara lebih terbuka antara atasan dengan karyawan,
karena diawali dengan sikap menghargai apa yang telah diraih; 2) mendorong karyawan
untuk mengemukakan ide-ide secara lebih kreatif; 3) berupaya menggali potensi yang
dimiliki dengan berpikir secara positif terhadap apa yang bisa dicapai di masa dating 4)
disamping itu pendekatan appreciative inquiry juga, memberikan kesempatan yang
seluas-luasnya kepada peserta untuk membuka wawasan positif, berpikir imajinatif dan
mencari alternatif-alternatif baru dalam melaksanakan perubahan; 5) agar pendekatan
appreciative inquiry tersebut dapat diterapkan secara efektif diperlukan pelatihan terlebih
dahulu bagi para atasan, yaitu pelatihan atasan sebagai coach dan pelatihan pendekatan
appreciative inquiry dalam proses coaching dan performance appraisal.

 File Digital: 1

Shelf
 T37628-Budhi Wirawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : T37628
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 38 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37628 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20369756