ABSTRAK Anak yang mengalami keterbelakangan mental perlu mempersiapkan dirinyauntuk menghadapi usia dewasa (Wenar & Kerig, 2000). Mereka harusmempelajari berbagai fungsi, seperti fungsi inteligensi, komunikasi, sosialisasi,dan keterampilan hidup sehari-hari agar dapat hidup dengan lebih baik dalamlingkungan sosial (Michael & McCormick, 2007). Oleh karenanya, programterpenting bagi anak terbelakang mental adalah melatih mereka dalamkemampuan hidup sehari-hari atau yang biasanya disebut dengan kemampuanadaptif (Lucksasson, dkk., dalam Ormrod, 2006).Berdasarkan hasil pemeriksaan psikologi dan data dasar yang diambir pada N,anak yang mengalami keterbelakangan mental sedang dengan usia 14 tahun 3bulan, diketahui bahwa ia belum dapat menguasai berbagai kemampuan adaptifterutama keterampilan mandi dan berpakaian.Program intervensi didasarkan pada pendekatan modifikasi perilaku denganteknik rantaian perilaku yaitu teknik rantaian perilaku total dengan pemberianarahan secara bertahap. Tujuan dari penerapan program intervensi adalahmembantu N meningkatkan keterampilan mandi dan berpakaian. Programintervensi ini diadakan dalam 10 kali pertemuan dan disusun dalam sebuahrancangan program intervensi yang terdiri atas tiga bagian yaitu : 1) Data Dasar;2) Program Intervensi; 3) Evaluasi Program.Hasil intervensi secara umum menunjukkan bahwa program intervensi efektifuntuk meningkatkan keterampilan mandi dan berpakaian pada N. Beberaparantaian dalam perilaku mandi tidak dapat dilakukan N karena adanyaketerbatasan fisik. ABSTRACT Mentally retarded children have to prepare theirselver for adulthood (Wenar &Kerig, 2000). They have to learn various skills such as thinking, communication,socialization and everyday life skills in order to live better in their socialenvironment (Michael & Mccormick, 2007). Thus, in giving program for childrenwith mentally retarded children is the most important thing is to train theireveryday life skill or usually called as adaptation skill (Lucksasson et al., inOrmrod, 2006).Based on psychological examination and baseline data taken at N who ismoderately mentally retarded and 14 years and 3 months old, it is shown that shehasn’t master a number of adaptive skills, especially that of bathing and dressingskill.The intervention program is based on behaviour modification technique whichwill be used in chaining of behaviour which is total task presentation chainingwith gradually prompt The aim of the intervention program is to help N improveher bathing and dressing skill. The intervention program is conducted 10 timesand consist of three parts, namely: 1) Baseline data; 2) Intervention program 3)Evaluation program.The result of the intervention program in general shows that intervention programis effective to improving her bathing and dressing skill. A few chain of bathingskill can’t be done by N becaused of limited physical ability. |