ABSTRAK Menurut Renzulli, dkk. (dalam Munandar, 1992), ada tiga kriteria yangmenentukan keberbakatan pada seseorang, yaitu kemampuan diatas rata-rata,kreativitas yang tinggi dan pengikatan diri terhadap tugas yang baik. R merupakansalah satu siswa yang mengikuti program akselerasi. R belum memenuhi ketigakriteria keberbakatan. Potensi intelegensinya tergolong superior dankreativitasnya juga tinggi, tetapi ia kurang memiliki tanggung jawab terhadaptugas. Berdasarkan strategi self regulated learning, dapat disimpulkan bahwastrategi SRL yang belum dikembangkan oleh R juga disebabkan tidak adanyapengaturan waktu yang baik. Oleh karena itu, intervensi manajemen waktupenting bagi R. Tujuan dari program intervensi ini adalah agar R dapatmenggunakan waktunya secara efektif, terutama dalam kaitannya dengan prosesbelajar. Dengan adanya manajemen waktu yang baik, diharapkan dapat memilikiregulasi diri terutama dalam belajar. Namun, target yang dicapai dalam intervensibelum tercapai sepenuhnya karena ada kendala waktu pada pelaksanaan program. ABSTRACT Renzulli (Munandar, 1992) stated that there are three criteria to determine whethersomeone is gifted or not: above average score of intelligence, highly creative andhighly task committed. R is one of students in the acceleration program whodidn’t have all the criteria yet. The score of his IQ was superior and he was highlycreative, but had low task commitment. According to SRL’s strategies, the reasonhe didn’t developed the strategies was lack of time management. Thus, a timemanagement program was important for R. The purpose of this interventionprogram was to make R more effective in managing time related to his dailyactivities so he would be able to regulate himself to study. The target of thisintervention was not achieved however because of the time limitation during theintervention. |