:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Mendorong Perubahan Kebiasaan yang Mencemari Sumber Air pada Anak-anak Komunitas Al Bahar melalui Metode Teater Rakyat

Yosephine Dian Indraswari; Ichsan Malik, supervisor; E.J.M. Damona Kwintatmi Poespawardaja, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

ABSTRAK
Program Intervensi ini bertujuan untuk mendorong perubahan kebiasaan yang mencemari
sumber air pada anak-anak komunitas Al Bahar. Komunitas Al Bahar adalah sekelompok
masyarakat marginal yang menempati lahan kosong di RT 09/RW 02 Kelurahan Abadi
Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Kotamadya Depok, Jawa Barat dengan sistem sewa.
Sebagian besar berprofesi sebagai pedagang kaki lima dan pemulung. Pada wilayah ini
terdapat 7 (tujuh) buah sumur namun warga membeli air untuk konsumsi. Dalam
pandangan mereka, sumur yang ada tidak layak dikonsumsi, salah satunya disebabkan
perilaku anak-anak yang membuang sampah sembarangan dan mengotori sumur.
Metode teater rakyat dipilih karena terbukti efektif dalam melakukan penyadaran untuk
berperilaku lebih baik. Teater rakyat dilahirkan oleh seorang seniman Brasilia bernama
Augusto Boal. Salah satu teater anak-anak yang cukup berhasil adalah Children 's Theatre
Collective (CTC) di Filipina. Berdasarkan pengalaman CTC, teater merupakan proses
yang memberikan ruang untuk anak-anak mengeksplorasi, memahami realitas dan
menemukan solusi atas masalah yang teijadi. Teater juga melatih anak-anak untuk mau
mendengarkan dan berani mengkomunikasikan pengalamannya kepada orang lain.
Pelaksanaan program intervensi beijalan kurang lebih selama 2 (dua) bulan dan diikuti
oleh 11 (sebelas) anak. Metode yang digunakan selain teater, juga permainan yang
menyenangkan bagi anak-anak. Target group dalam intervensi ini yaitu anak usia 6-11
tahun atau tahap operational concrete berdasarkan Jean Piaget. Landasan teori utama
adalah Contextualism dari Lev Semyonovich Vygotsky. Teori ini menempatkan anak
bukan sebagai subyek yang menerima pengaruh dari lingkungan, namun sebaliknya anak
dipandang sebagai aktor yang mampu mempengaruhi lingkungannya {agent o f social
changes). Teori lain yang digunakan adalah individual changes process yang
dikemukakan Martindale (Zaltman, 1972). Martindale menyebutkan dalam tahapan
perubahan perilaku, pertama kali harus muncul kesadaran (awareness). Jika kesadaran
telah muncul, maka akan timbul ketertarikan (interest) yang akan mengarah pada
perubahan perilaku (behavior). Teater menjadi stimulus yang merangsang kesadaran
yang akan mendorong perubahan perilaku anak-anak komunitas Al Bahar.
Intervensi melalui Teater Rakyat telah menyadarkan anak-anak Al Bahar untuk tidak
mencemari sumur dan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Metode ini
juga mampu membongkar budaya bisu dan membuat komunikasi lebih baik antara anak
dengan orangtuanya. Anak-anak Al Bahar menjadi lebih bertanggungjawab, kreatif dan
bahkan mulai berani mengingatkan para orangtuanya untuk menjaga kebersihan. Dalam
intervensi ini juga diketemukan bahwa internalisasi nilai dan perubahan perilaku lebih
efektif dan lebih cepat terjadi pada anak perempuan dibandingkan laki-laki.
Selain untuk anak-anak, Teater Rakyat dapat juga dimanfaatkan dalam intervensi yang
melibatkan remaja dan para orangtua. Teater Rakyat juga relevan untuk permasalahan
sosial yang terjadi di Indonesia seperti pengungkapan pelanggaran HAM masa lalu,
trauma healing akibat bencana dan konflik, penyadaran untuk isu korupsi dan lingkungan
hidup serta metode yang efektif untuk menggali permasalahan secara partisipatif dalam
program pendampingan masyarakat.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T37646
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 67 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37646 15-24-91311219 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20369831