ABSTRAK Penelitian ini menguji pengaruh kontrol-diri (K-D), persepsi ketersediaanuang (PKU), jenis kelamin, tingkat sosial ekonomi (SES), dan tingkat usia terhadapperilaku pembelian impulsif (PPI) pada remaja. Responden adalah 243 laki-laki danperempuan, berusia 12-17 tahun, masih bersekolah, menerima uang saku dariorangtua, tidak bekeija untuk mendapatkan uang, dan berasal dari tingkat sosialekonomi tinggi atau rendah. Alat pengumpul data berupa alat ukur kontrol-diri hasiladaptasi dan modifikasi dari Self-Control Scale, alat ukur perilaku pembelianimpulsif dan alat ukur persepsi ketersediaan uang yang dibuat dalam rangkapenelitian ini. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa kontrol-diri,persepsi ketersediaan uang, dan jenis kelamin secara bersama-sama berpengaruhterhadap perilaku pembelian impulsif pada remaja. Hasil t-test menunjukkan: (1)Remaja perempuan memiliki K-D yang secara signifikan lebih tinggi dari padaremaja laki-laki. (2) Ada perbedaan PPI, K-D, dan PKU yang signifikan antara SESyang berbeda, Remaja SES tinggi memiliki PPI dan PKU yang lebih tinggi dari padaSES rendah, tetapi memiliki K-D yang lebih rendah. (3) Remaja awal memiliki PPIdan PKU yang lebih rendah secara signifikan dari pada remaja pertengahan, tetapimemiliki K-D yang lebih tinggi. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah metodepengumpulan data dianjurkan untuk tidak hanya self-report, dan remaja akhirdisertakan sebagai responden sehingga bisa mewakili remaja secara keseluruhan. ABSTRACT This research test influence of self-control, perceived money availability,sex, social economic status (SES), range of age to impulsive buying behavior onadolescence. Respondent are 243, consisting of boys and girls, from 12 to 17 yearsold, students, received pocket money from parent, didn’t work to salary, and camefrom high or low social economic status. Self-Control Scale, perceived moneyavailability scale, impulsive buying behavior scale used to collect data. The result ofmultiple regression statistical analysis shows that self-control, perceive moneyavailability, and sex have significant influence to impulsive buying behavior onadolescence. T- test shows: (1) Adolescence girls have self-control higher thanadolescence boys, significantly. (2) Adolescence from high SES have impulsivebuying behavior and perceive money availability higher than adolescence from lowSES, significantly, but have lower self-control. (3) Early adolescence have impulsivebuying behavior and perceive money availability lower than middle adolescence,significantly, but have higher self-control. |