Rancang ulang manajemen sumber daya manusia di Rumah Sakit X dalam mendukung implementasi branded customer service
Harry Darmawan Dani;
Rumeser, J.A.A., supervisor; Winarini Wilman D. Mansoer, co-promotor
([Publisher not identified]
, 2007)
|
ABSTRAK Rumah Sakit X memilih strategi organisasi yang berfokus pada pelanggansebagai keunggulan daya saing terhadap rumah sakit lainnya. Fokus padapelanggan dijabarkan melalui konsep branded customer service, yang intinyaadalah menjadikan pelayanan kepada pelanggan sebagai brand Rumah Sakit X,melalui pelayanan kepada pelanggan yang melebihi harapan pelanggan.Strategi yang dipilih tersebut belum selaras dengan strategi di bidang SDMdan manajemen SDM yang diterapkan oleh Rumah Sakit X sehingga belummendorong para karyawan untuk berperilaku sesuai dengan brand tersebut,akibatnya para pelanggan belum mengalami brand Rumah Sakit X dalam prosespelayanan kesehatan yang mereka terima.Untuk itu perlu dilakukan peninjauan ulang dan perancangan manajemenSDM di Rumah Sakit X, agar dapat selaras dengan brand yang ditampilkankepada pelanggan. Dalam merancang ulang manajemen SDM, beberapa hal yangdiperhatikan adalah: level intervensi yang akan dilakukan (level strategis ataulevel implementasi), pathway penerapan branded customer service yangdikemukakan oleh Barlow dan Stewart (2006), serta harus memperhatikan faktorfaktoryang berpengaruh pada pembentukan perilaku dalam organisasi yangdiungkapkan melalui model MARS dari McShane dan Von Glinow (2005). ABSTRACT Hospital X has chosen the customer focused organization strategy in orderto compete with other hospitals. This strategy is applied through brandedcustomer service, where customer service is the brand of the hospital, andimplemented through giving a service that exceeds the customer’s needs.The chosen strategy does not align with the HR strategy and HRmanagement at Hospital X. Therefore, the employees’ behaviors do not reflect thebrand in real service situation. Hie customer has not experience the brand yetIt is necessary to evaluate and re-design the HR management at Hospital Xand aligning it with the brand, as the reflection of customer focused organizationstrategy. In redesigning the HR management, some concepts are being considered:the level of intervention (strategic level and implementation level), the pathway ofbranded customer service (Barlow and Stewart, 2005), and McShane and VonGlinow’s MARS model (2005) to explain the factors that influence individualbehavior in organization. |
![]()
|
No. Panggil : | T37653 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xi, 53 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T37653 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20369883 |