Pelatihan keterampilan mengikuti instruksi pada anak dengan ADHD usia prasekolah
Maria Herlina Limyati;
Tambunan, Siti Marliah, supervisor
([Publisher not identified]
, 2005)
|
ABSTRAK Salah satu gangguan klinis yang dapat terjadi pada masa perkembangan adalahAttention-Deficit Hyperactmty Disorder (ADHD). Terdapat lebih dari separuhpopulasi anak dengan ADHD yang mengalami kesulitan dalam hubunganinterpersonalnya dengan anak lain, orang tua, dan guru. Perilaku anak-anak tersebutmenimbulkan respons negatif dari lingkungan teman sebayanya yang mengakibatkanmunculnya tingkat penolakan yang tinggi terhadap mereka. Mereka dianggapmengganggu, sebagai penyebab keributan, sulit menyesuaikan diri, dan mudahtersinggung. Hal itu dikaitkan dengan karakteristik perilaku mereka yang bersifatinatentif, hiperaktif, dan impulsif.Intervensi dini terhadap anak yang menunjukkan simtom ADHD penting untukdilakukan guna mengurangi kemungkinan munculnya perilaku agresif, oposisional,dan perilaku hiperaktif-impulsif di tahapan usia selanjutnya. Intervensi tersebutdiharapkan dapat membantu mengembangkan interaksi yang positif antara orang tuadengan anak serta meningkatkan fungsi adaptasi anak di lingkungan keluarga dansekolah. Pelatihan keterampilan sosial merupakan salah satu penanganan yang dapatmembantu anak dengan ADHD dalam menyesuaikan diri dengan lingkungansosialnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas rancangan program pelatihanketerampilan sosial, dalam ha! ini dipilih keterampilan mengikuti instruksi (followinghistruction) sebagai sasaran perilaku. Keterampilan mengikuti instruksi ini dipilihkarena merupakan keterampilan yang mendasar untuk dikuasai oleh anak agar dapatterlibat aktif dalam kegiatan sehari-hari serta merupakan prasyarat untuk menguasaiketerampilan yang lebih kompleks.Berdasarkan analisis, rancangan program pelatihan ini perlu memusatkanperhatian pada satu aspek perilaku yang lebih spesifik. Selain itu, generalisasipenguasaan keterampilan yang dilatihkan memerlukan waktu yang lebih lama danperlu dilakukan secara bertahap pada setting yang berbeda-beda. |
![]()
|
No. Panggil : | T38126 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2005 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 67 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T38126 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20369920 |