Program intervensi pembiasaan belajar dan peningkatan durasi waktu belajar pada siswa borderline intellectual functioning
Swatika Wulan Pahlevi;
Judiawati E. Markum, supervisor; Tambunan, Siti Marliah, examiner
([Publisher not identified]
, 2007)
|
ABSTRAK Borderline Intellectual Functioning adalah suatu kondisi taraf kecerdasanindividu dengan skor IQ berkisar antara 71 sampai 84, suatu tingkat yang beradadi bawah rata-rata normal, namun tidak termasuk sebagai keterbelakangan mental(Sattler, 1987). Anak-anak pada taraf kecerdasan ini seringkali kurangmendapatkan perhatian di dalam dunia pendidikan. Padahal anak-anak inimemiliki banyak keterbatasan walaupun biasanya tidak tertampil secara nyataseperti anak-anak dari golongan kecerdasan lain (retardasi mental). Shaw (2006)menjelaskan bahwa individu dengan borderline intellectual functioning dapatdimaksimalkan dengan cara meningkatkan waktu belajar yang lebih lama,meningkatkan kemampuan self-instruction, pengajaran secara khusus dari guru,serta pemberian instruksi secara khusus. Selain itu, kebiasaan belajar yang burukjuga dapat menyebabkan kegagalan atau prestasi yang rendah di sekolah (Schaefer& Millman, 1987). Oleh karena itu, intervensi harus dilakukan pada anak-anak ini.Dengan adanya intervensi bagi anak-anak borderline maka diharapkan resikokegagalan di sekolah dapat diminimalkan. Salah satu intervensi yang bisadilakukan berupa bimbingan untuk mengembangkan kebiasaan belajar (Ninivaggi,2001).Perilaku belajar yang buruk bisa terjadi baik pada siswa dengankecerdfl-san rata-rata mupun di bawah rata-rata. Namun demikian, memang adakecenderungan bahwa anak-anak yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata (borderline) biasanya kurang dapat melakukan perencanaan. Selain itu, merekatidak mengetahui bagaimana caranya belajar (Bocsa, 2003) sehingga padaakhirnya hal ini akan berimbas pada kemampuan untuk merencanakan kegiatanbelajar dan mengerjakan tugas.Program intervensi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah modifikasiperilaku dengan menggunakan positif reinforeement dengan token ekonomi danfading untuk membantu subyek memulai belajar.Subyek penelitian ini duduk di kelas VI sekolah dasar, akan mengikutiujian akhir sekolah dan berencana melanjutkan sekolah ke tingkat SLTP. Subyekberjenis kelamin perempuan berusia 12 tahun. Saat ini subyek belum memilikikebiasaan belajar yang teratur setiap harinya yang dapat mendukung subyek baiksaat ujian sekolah maupun untuk proses belajar di jenjang selanjutnya. Selain itu,keluarga subyek juga tidak dapat menyediakan model yang dapat dijadikanpanutan bagi subyek untuk dapat belajar dengan teratur. Subyek belajar hanya jikaakan ulangan atau ada PR.Berdasarkan intervensi yang dilakukan sebanyak 12 kali, didapatkankesimpulan bahwa program intervensi pembiasaan belajar terhadap anakborderline ini dapat dikatakan berhasil. Subyek mulai terbiasa untuk belajardengan teratur dengan durasi waktu tertentu serta pada waktu-waktu tertentusetiap harinya. Selain itu, durasi belajar subyek juga meningkat selama programintervensi berlangsung. Sebagai tambahan, subyek mulai menguasai beberapamateri pelajaran matematika seperti perkalian dan pembagian di bawah angka 10serta konsep bilangan positif negatif dan pecahan yang sebelumnya belum iakuasai. Namun demikian sesuai dengan karakteristik anak borderline, subyekmembutuhkan waktu yang lebih lama dan berulang-ulang untuk dapat memahamimateri-materi tersebut. |
T38136-Swastika Wulan Pahlevi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T38136 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 52 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T38136 | 02-17-327245362 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20369958 |