Rancangan menyusun komptensi fungsional bagi staf pelaksana divisi jasa manajemen regonal 1 di PT. PNM. Jakarta
Rizky Arifah Zahara;
Indriya A.R. Darsono, supervisor
([Publisher not identified]
, 2004)
|
ABSTRAK Kompetensi merupakan topik hangat dalam dunia SDM saat ini.Manajemen puncak dari berbagai perusahaan sedang menyusun kompetensiumum bagi perusahaannya dan menerapkannya di dalam organisasinya. HumanResources Department (HRD) menyusun model Competency-based terhadappengukuran performa yang mendorong tercapainya visi dan misi perusahaan.Kompetensi dapat diterapkan ke dalam semua fungsi SDM. Seperti rekrutmen,seleksi, pelatihan, promosi jabatan, penilaian kineija, dan sebagainya (Cooper,2000). Kebutuhan akan adanya kompetensi di PT. PNM khususnya di divisi JasaManajemen regional 1, karena divisi tersebut merupakan divisi yang barudibentuk sehingga belum memiliki kompetensi fungsional untuk setiap jabatan.Selain itu juga karena kurangnya karyawan yang ada di PT. PNM regional 1,menyebabkan digunakannya sistem matriks, dimana setiap karyawannyadiharuskan untuk membantu divisi lain selain divisinya. Penempatan di divisitersebut tidak berdasarkan kompetensi fungsional melainkan didasarkan padakesamaan tugas antara divisi-divisi yang bersangkutan. PT. PNM menyadaribahwa tidak adanya kompetensi menyebabkan pihak HRD, dalam penempatankaryawan untuk suatu jabatan, tidak memiliki acuan yang jelas dan cenderungmenempatkan siapa saja yang dianggap mampu untuk mengerjakan tugas-tugasdari suatu divisi.Karena kebutuhan akan adanya kompetensi fungsional di divisi JasaManajemen regional 1, maka penulis membuatkan rancangan untuk menyusunkompetensi fungsional bagi staf pelaksana divisi Jasa Manajemen. Sehinggadengan tersusunnya kompetensi fungsional, diharapkan penempatan ataupenugasan karyawan dapat dilakukan dengan mengacu pada kompetensi tersebut.Jabatan yang akan dianalisa adalah Jasa Pelatihan, Jasa Pendampingan, JasaPendirian BPR/S, dan Jasa MMS/IT.Langkah-langkah yang dilakukan dalam menyusun kompetensi fungsionalbagi staf pelaksana divisi Jasa Manajemen tersebut merupakan paduan antaramodel kompetensi dari LOMA dan model kompetensi klasik dari Spencer & Spencer (1993). Tahap-tahap tersebut terdiri dari 3 tahapan, yaitu tahap persiapan,tahap pelaksanaan, dan tahap analisis. |
T38137-Rizky Arifah Zahara.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T38137 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2004 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | vii, 75 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T38137 | 15-17-707913075 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20369961 |