ABSTRAK Program yang disusun dalam tulisan ini bertujuan membantu F, seorang siswakelas 6 SD yang menunjukkan gejala underachiever di sekolah untuk meningkatkanperforma akademisnya terutama dalam menghadapi U AS BN (Ujian Akhir SekolahBerstandar Nasional). Berdasarkan prinsip yang dikemukakan oleh Zimmerman,Bonner & Kovach (1996), program ini menerapkan empat proses dalam SelfRegulcited Learning (SRL) , yaitu Evaluasi Diri dan Pengawasan, Perencanaan Targetdan Strategi, Penerapan Strategi dan Pengawasan serta Evaluasi Penerapan Strategiuntuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Perencanaan Belajar dan PengaturanWaktu.Konsep SRL dipilih karena dapat mendorong siswa untuk secara aktifmengatur kognisi, motivasi dan perilaku mereka sendiri untuk mencapai tujuan yangmereka inginkan dan berprestasi dengan lebih baik (Schunk & Zimmerman, 1998).Dengan demikian, kemampuan SRL merupakan hal yang penting bagi siswaunderachiever dalam peningkatan prestasi akademis siswa karena SRLmemungkinkan siswa untuk melihat proses belajar sebagai suatu tantangan, berusahauntuk memahami dan mempraktekkan apa yang mereka pelajari serta mampumenampilkan usaha yang lebih baik untuk mencapai prestasi yang optimal (Perryet.al, 2006).Secara umum, program ini berjalan dengan lancar dan membantu F untukmembuat target belajar yang realistis serta menumbuhkan inisiatif belajarnya secaramandiri untuk menghadapi UAS BN. Meskipun demikian, kemampuan pengaturanwaktu yang baik belum dapat terbentuk dalam diri F mengingat terbatasnya waktupelaksanaan program menjelang UAS BN. Saran penting yang diajukan sebagaievaluasi dari pelaksanaan program adalah pemantauan lebih lanjut yang dapatdilakukan orang tua terhadap kebiasaan belajar F di tingkat SMP. ABSTRACT An intervention program is designed to help F, a sixth grader who showsunderachievement symptomps at school, in order to improve his academicperformance in facing final exams given by his shool. This program uses SelfRegulated Learning (SRL) process based on the principal of Zimmerman, Bonner &Kovach (1996). SRL consists of four processes namely Self Evaluation andMonitoring, Goal Setting and Strategic Planning, Strategy Implementation andMonitoring and Strategic Outcome Monitoring to Increasing Planning in Learning andTime Management Skill.SRL has been chosen for the intervention because it can motivate students toactively regulate their cognition and behavior to achieve their goals and gain betterachievements (Schunk and Zimmerman, 1998). Therefore, students’ ability to regulatethemselves is important for underachiever students in increasing academicachievements because SRL help students to look at learning process as a challenge,try to understand and apply what they have studied and to show better effort ingaining fully optimized achievement (Perry et. al, 2006).In general, this program has been successfully implemented and helped F inmaking realistic study goals and built his initiative to study independently in facingthe final examination. On the other hand, F has not master good time managementskill because the lack of time in implementing the intervention program. In the future,it is suggested that parents monitor F’s study habits in the secondary school. |