Rancangan penelitian segmentasi pasar dan brand positioning asuransi Syariah X
Dinuriza Lauzi;
Hartanto Brotoharsojo, examiner; Bertina Sjabadhyni, examiner
([Publisher not identified]
, 2006)
|
ABSTRAK Tugas Akhir denganjudul " Rancangan Penelitian Segmentasi Pasardan Brand Positioning Asuransi Syariah X" dibuat berdasarkanpermasalahanyang sedang dialami oleh PerusahaanAB.Perusahaan AB bermaksud untuk menjadi pemimpin pasar di bidangasuransi syariah. Namun keinginan tersebut masih menghadapi beberapakendala. Hal ini disebabkan pesaing Perusahaan AB lebih unggul karenadianggap konsumen memiliki pengalaman yang lebih lama di bidangsyariah dibandingkan AB. Selain itu, persepsi masyarakat masihmenganggap bahwa asuransi syariah sama saja dengan asuransikonvensional. Hal lain yang menjadi kendala adalah belum terbentuknyasegmentasi pasar yang jelas serta Brand Positioning BS di kalangankonsumen, meskipun AB adalah perusahaan eisuransi temama. Oleh karenaitu, AB merasa perlu untuk melakukan penelitian terhadap BrandPositioning asuransi syariah BS. Dalam membentuk Brand Positioning adabeberapa strategi yang perlu dilakukan. Pertama menentukan segmentasipasar berdasarkan faktor psikografls dan sosiokultural. Keduameningkatkan persepsi konsumen terhadap komitmen AB di bidangasuransi syariah. Ketiga adalah menentukan identitas merek dan proposisinilai yang hams dimiliki BS. Penelitian akan dilakukan terhadap respondenyang berdomisili di Jabotabek. Hasil yang diharapkan AB dari penelitian iniadalah menggali upaya-upaya yang perlu dilakukan AB agar kepercayazinmasyarakat dapat terpenuhi dan menciptakan strategi brand positioning BSagar mampu menjadi pemimpin pasar di bidang asuransi syariah.Dengan memperhatikan berbagai hal yang terkait dengan BrandPositioning, maka direkomendasikan bagi AB untuk mengadakan penelitiankualitatif, dengan metode FGD dan IDI. Penelitian dilakukan dalam 2 (dua)tahap yang masing-masing mengheisilkan euialisa segmentasi pasar asuransisyariah dan positioning produk- produk asuransi syariah serta uraian tentang usulan bentuk iklan dari produk asuransi yang sudah ada. ABSTRACT This Final Task, "Research Design of Market Segmentation andBrand Positioning X Syariah Insurance ", is written to answer problemsfaced by TheAB Company.The AB Company wants to become a market leader in SyariahInsurance. Nevertheless, this desire still facing some problems. Because ofThe AB's competitor in consumer's perception have more experience thanThe AB. Beside, consumer's perception still thinking that Syariah Insurancesame as Conventional Insurance.Other things that can be obstacle are the BS's Brand Positioningand market segmentation is not working yet, eventhough The AB is afamous company. Therefore, The AB needs to hold research on BrandPositioning. There ara few strategies to build Brand Positioning. First,determining a market segmentation based on psychographic andsocioculture. Second, increasing consumer's perception to The AB'sCommitment in Syariah Insurance. Third, determining brand identity andvalue proposition. Research will be given to respondents in Jakarta, Bogor,Tangerang,Bekasi and Depok Result that would be expecting from thisresearch is to elaborate efforts need to be done by The AB in creatingBrand Positioning strategies to become a market leader in SyariahInsurance and also building trust for consumer. Related to this issue, it ishighly recommended that The AB Company can make a qiuilitativeresearch with Focused Group Discussion (FGD) and In Depth Interview(IDI) methods. Research will be held in two steps which produce marketsegementation and positioning Syariah Insurance, also resulting description ofadvertising conceptfrom Syariah Insurance product. |
T37945-Dinuriza Lauzi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T37945 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2006 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 73 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T37945 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20370085 |