ABSTRAK Tesis ini mendiskripsikan stategi komunikasi Presiden SBY dengan rakyatmelalui PO BOX & SMS 9949. Strategi komunikasi politik yang digunakanmelalui PO BOX & SMS 9949 adalah menjalin komunikasi dengan rakyat denganpesan persuasif yang dilakukan dengan metode penyampaian yang informativedan persuasive, yaitu bentuk dan isi pesan yang bertujuan mempengaruhikhalayak dengan cara memberi penerangan dengan menyampaikan pesan yangsesuai kepentingan politik SBY. PO BOX dan SMS 9949 menjadi salah satumedia komunikasi interpersonal Presiden SBY, yang berupaya mengelola citradiri (self image) atau pencitraan. Upaya memanfaatkan SMS dan POX 9949sebagai pencitraan, antara lain dapat dilihat dari surat jawaban Staf KhususPresiden kepada pengirim surat, dan pidato yang sangat persuasif dan menggiringopini bahwa presiden telah bekerja sesuai dengan harapan rakyat. Dalam kontekskomunikasi presiden dengan rakyat melalui media SMS dan PO BOX 9949, unsurattention (perhatian), interest (minat), desire (hasrat) sudah terpenuhi. Namun,pada tataran decision (keputusan) dan action (tindakan) sangat minim atau tidakoptimal sehingga tidak menimbulkan efek politik yang tinggi kepada rakyat.Bahkan, komunikasi interpersonal yang face to face, SBY juga tidak dapatmembuktikan decision dan action dari komunikasinya, sehingga komunikasi SBYhanya memberikan harapan belaka tapi minim realisasi. ABSTRACT This thesis describes the communication strategy of the President to the peoplethrough SMS & PO BOX 9949. The Political communication strategies used byPO BOX & SMS 9949 is to establish communication with people with persuasivemessages carried by delivery methods informative and persuasive, thatinfluencing audiences. SMS and PO BOX 9949 become the Presidentinterpersonal communication media, which seeks to manage self-image orpolitical imagery. Efforts to utilize SMS and POX 9949 as imaging, amongothers, can be seen from a letter of response to the President's special staff sendingletters, and speeches were very persuasive and lead opinion that the president hasbeen working in accordance with the expectations of the people. In the context ofpresidential communication with the people through the medium of PO BOX andSMS 9949, elements of attention, interest, desire are submitted. However, at thelevel of decision and action is minimal or not optimally. In fact, face to facecommunication, also can not prove the decision and action of the communication. |