Pelatihan mengelola kemarahan pada anak dengan oppositional defiant disorders
Dili Indriawati Hidayat;
Surastuti Hadiwinoto Nurdadi, supervisor; Shinto B. Adelar, examiner
([Publisher not identified]
, 2007)
|
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan meneliti efektivitas dari pelatihan mengelola kemarahanpada anak dengan Oppositional Defiant Disorders (ODD). Penanganan yangdilakukan tergolong dalam program intervensi awal. Program pelatihanmerupakan modifikasi dari Anger Coping Program yang dikembangkan olehLochman pada tahun 1984.Pelatihan dilakukan pada satu orang anak laki-laki berusia 10 tahun yangdidiagnosis mengalami ODD. Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini yaitu agaranak dapat mengelola kemarahan sehingga dapat menurunkan frekuensikemarahannya. Sasaran pelatihan adalah agar anak dapat mengenali perasaan,mengetahui cara-cara mengelola kemarahan, dan mengetahui cara pemecahanmasalah sosial. Pelatihan dilakukan selama 9 sesi. Materi pelatihan yang diberikanadalah penetapan aturan, mengenali emosi, mengelola kemarahan dan pemecahanmasalah sosial. Dalam mengelola kemarahan anak dilatih teknik relaksasi dananger coping self-talk. Metode pelatihan yang digunakan bervariasi yaitumodeling, penjelasan singkat, simulasi dan bermain peran.Hasil pelatihan memperlihatkan terjadinya perkembangan ketrampilan mengelolakemarahan pada anak. Ketrampilan yang berkembang pada anak adalahketrampilan untuk mengenali emosi dan mengekspresikan emosi, mengelolakemarahan dengan teknik relaksasi dan anger coping-self talk. Setelah pelatihanterdapat penurunan frekuensi kemarahan pada anak dan anak lebih lebih banyakmenunjukkan ekspresi kemarahan dalam bentuk verbal daripada perilaku agresif.Hasil penelitian menyarankan untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukanobservasi perilaku anak sebelum dan setelah pelaksanaan pelatihan untukmendapatkan hasil evaluasi perkembangan ketrampilakan anak yang lebih akurat,pengambilan data untuk evaluasi dalam rentang waktu yang lebih lama. Untukmendapatkan hasil yang lebih optimal pada pelatihan selanjutnya perlu adanyapendalaman setiap topik materi dan penambahan sesi pelatihan, pelatihan dalambentuk kelompok dan melibatkan orang tua dalam sesi pelatihan dan kegiatanlanjutan dari pelatihan. |
T38011-Dili Indriawati Hidayat.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T38011 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 39 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T38011 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20370523 |