:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Injeksi gas hidrogen pada sistem pembakaran di sepeda motor dengan konfigurasi pitot tube

(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

[Sudah banyak sekali percobaan pengaplikasian gas hydrogen pada pembakaran di
mesin sepeda motor ataupun mobil yang berhasil dan benar benar terbukti. Tak
terhitung, dari Departemen Teknik Mesin Universitas Indonseia sendiri hal ini
bukan merupakan hal baru atau asing. Pada dasarnya, penggunaan gas hydrogen
memang dapat membuat lebih irit konsumsi bahan bakar yang digunakan.
Pada kesempatan kali ini, penulis ingin menyampaikan sedikit variasi percobaan
yang telah dilakukan yang juga berhubungan dengan penggunaan gas hydrogen.
Penulis ingin menunjukan bahwa variasi pada 4 buah manifold yang dimana
masing masing manifold yang digunakan memiliki model pitot tube yang berbeda
beda untuk injeksi gas hydrogen.
Hasil uji konsumsi bahan bakar dan gas buang yang didapatkan ternyata
menghasilkan suatu analisa yang cukup menarik. Bahwa pada ke empat model
manifold juga masing masing memiliki pengaruh yang besarnya berbeda beda
pada penggunaan gas hydrogen pada system pembakaran.
Hasil efisisensi dan hasil uji kendaraan membuktikan bahwa modifikasi model
pitot tube yang dipasang di manifold untuk injeksi hydrogen membuat konsumsi
bbm yang lebih irit lagi daripada percobaan menggunakan hydrogen yang
sebelumnya sudah pernah dilakukan dan diuji coba.
Variabel yang digunakan hanyalah untuk membandingkan konsumsi bbm dan gas
buang hasil emisi terhadap variasi model manifold yang digunakan untuk injeksi
gas hydrogen., It’s a lot of trial application of hydrogen in the combustion gas in a car or
motorcycle engine works and truly proven. Countless, from the Department of
Mechanical Engineering University Indonseia itself this is not a new or foreign
things. Basically, the use of hydrogen gas can indeed make more efficient
consumption of fuel used.
On this occasion, the author wanted to convey a slight variation experiments that
have been done which is also associated with the use of hydrogen gas. The author
wanted to show that the variation in 4 pieces manifolds where each manifold is
used has a model that is different pitot tube for the injection of hydrogen gas.
The test results of fuel consumption and exhaust gas be obtained turned out to
produce an analysis that is quite interesting. That in the four models each
manifold also has a big influence on the use of different different hydrogen gas in
the combustion system.
The results and the efficiency of the vehicle test results prove that the
modification of the model Pitot tube mounted on the manifold for injection of
hydrogen make a more efficient fuel consumption more than the previous
experiment using hydrogen already been done and tested.
Variables that are used only to compare the fuel consumption and exhaust gas
emissions to variations of the model results are used for manifold injection
hydrogen gas.]

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S53411
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 75 hlm. : ill. ; 29 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S53411 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20372808