[Sudah banyak sekali percobaan pengaplikasian gas hydrogen pada pembakaran dimesin sepeda motor ataupun mobil yang berhasil dan benar benar terbukti. Takterhitung, dari Departemen Teknik Mesin Universitas Indonseia sendiri hal inibukan merupakan hal baru atau asing. Pada dasarnya, penggunaan gas hydrogenmemang dapat membuat lebih irit konsumsi bahan bakar yang digunakan.Pada kesempatan kali ini, penulis ingin menyampaikan sedikit variasi percobaanyang telah dilakukan yang juga berhubungan dengan penggunaan gas hydrogen.Penulis ingin menunjukan bahwa variasi pada 4 buah manifold yang dimanamasing masing manifold yang digunakan memiliki model pitot tube yang berbedabeda untuk injeksi gas hydrogen.Hasil uji konsumsi bahan bakar dan gas buang yang didapatkan ternyatamenghasilkan suatu analisa yang cukup menarik. Bahwa pada ke empat modelmanifold juga masing masing memiliki pengaruh yang besarnya berbeda bedapada penggunaan gas hydrogen pada system pembakaran.Hasil efisisensi dan hasil uji kendaraan membuktikan bahwa modifikasi modelpitot tube yang dipasang di manifold untuk injeksi hydrogen membuat konsumsibbm yang lebih irit lagi daripada percobaan menggunakan hydrogen yangsebelumnya sudah pernah dilakukan dan diuji coba.Variabel yang digunakan hanyalah untuk membandingkan konsumsi bbm dan gasbuang hasil emisi terhadap variasi model manifold yang digunakan untuk injeksigas hydrogen., It’s a lot of trial application of hydrogen in the combustion gas in a car ormotorcycle engine works and truly proven. Countless, from the Department ofMechanical Engineering University Indonseia itself this is not a new or foreignthings. Basically, the use of hydrogen gas can indeed make more efficientconsumption of fuel used.On this occasion, the author wanted to convey a slight variation experiments thathave been done which is also associated with the use of hydrogen gas. The authorwanted to show that the variation in 4 pieces manifolds where each manifold isused has a model that is different pitot tube for the injection of hydrogen gas.The test results of fuel consumption and exhaust gas be obtained turned out toproduce an analysis that is quite interesting. That in the four models eachmanifold also has a big influence on the use of different different hydrogen gas inthe combustion system.The results and the efficiency of the vehicle test results prove that themodification of the model Pitot tube mounted on the manifold for injection ofhydrogen make a more efficient fuel consumption more than the previousexperiment using hydrogen already been done and tested.Variables that are used only to compare the fuel consumption and exhaust gasemissions to variations of the model results are used for manifold injectionhydrogen gas.] |