Analisis budaya keselamatan pasien di Rumah Sakit Santa Elisabeth Batam tahun 2012 = Analysis of patient safety culture in Santa Elisabeth Batam Hospital 2012 / Sanny Tiurni Ari
Sanny Tiurni Ari;
Zulkifli Djunaidi, examiner; Dadan Erwandi, examiner; Fatma Lestari, examiner; Devie Fitri Octaviani, examiner; Yuni Kusminanti, examiner
([Publisher not identified]
, 2013)
|
ABSTRAK Rumah sakit sebagai organisasi kesehatan harus mengembangkan budayakeselamatan pasien dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanannya untukmencegah terjadinya kejadian yang tidak diharapkan. Untuk mengetahui tingkatbudaya keselamatan pasien di Rumah Sakit Santa Elisabeth Batam dilakukanpengukuran dengan tool Manchester Patient Safety Framework ( MaPSaF) yangdipublikasilkan oleh National Patient Safety Agency (NPSA). Penelitian inimerupakan jenis studi observasional dengan menggunakan desain semikuantitatif.Dari hasil penelitian diperoleh Dimensi Budaya Keselamatan Pasien di RumahSakit St. Elisabeth Batam menurut tool MaPSaF berada pada tingkat antaraBirokratik dan Proaktif. Rumah sakit sudah memiliki sistem untuk keselamatanpasien dengan memiliki kekuatan pada 5 dimensi yaitu komitmen, prioritas,kesalahan sistem, evaluasi insiden serta pendidikan dan pelatihan. Sebaliknyaditemukan kelemahan sistem pada beberapa dimensi yang menunjukkan bahwakeselamatan pasien belum dilaksanakan secara komprehensif. Dengan adanyakelemahan sistem budaya keselamatan di rumah sakit maka perlu dilakukanpengembangan pada dimensi-dimensi yang menjadi tulang punggung keselamatanpasien yaitu pada dimensi perekaman insiden, pembelajaran dan perubahanperilaku, komunikasi, manajemen kepegawaian serta kerjasama tim keselamatanpasien. ABSTRACT Hospital as a healthcare organization must develop a culture of patientsafety in an effort to improve the quality of service in order to prevent theoccurrence of adverse event. Measurement tool to determine the level of patientsafety culture in Santa Elisabeth Batam Hospital is the Manchester PatientSafety Framework ( MaPSaF) which is published by the National Patient safetyAgency (NPSA).This research is an observational study using a designsemiquantitatively. The result showed Dimensional Patient Safety Culture in St.Elisabeth Batam Hospital according to MaPSaF tool is at level betweenBureaucratic and Proactive. Hospital already has a system for patient safety byhaving strenght on the dimension of commitment to continuos improvement,priority given to patient safety, system errors and individual responsibility aswell as staf education and training of personal about patient safety. Insteaddiscovered weakness in the system on several dimensions indicate that patientsafety has not been comprehensively implemented. With the weakness of thesystem of safety culture in hospital it is necessary to develop the dimensions of thebackbone, namely the dimension of recording incidents and best practice,learning and effecting change, communication about safety issues, personnelmanagement and safety issues as well as teamwork patient safety. |
![]()
|
No. Panggil : | T40847 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xviii, 94 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T40847 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20376265 |