ABSTRAK Semakin banyak perusahaan melakukan percepatan pengembangan produkdengan memperpendek waktu pengembangan produk agar produk dapatsecepatnya berada di pasar. Studi terdahuiu dan studi eksplorasi menunjukkanbahwa hal ini disebabkan oleh adanya peiuang pasar, biaya ekonomi tinggi,persaingan, intuisi pembuat keputusan, kapabilitas dan citra merek. Tujuanpenelitian untuk mengetahui apakah percepatan pengembangan produkmempengaruhi peran artikulasi dan navigasi pemasaran dalam menghasilkankinerja produk. Berlandaskan Evolution Theory, Contingency Theory, Market-Based View dan Resource-Based View dibangun model penelitian. Respondenadalah pemasar per kategori produk pada divisi pemasaran perusahaan panganskala menengah-besar di Indonesia. Kuesioner terisi dari 107 responden diolahdengan Latent Variable Score (LVS). Dilakukanpre-test dua kali.Hasil identifikasi awal penelitian ini memperkuat hasil studi eksplorasisebelumnya bahwa industri pangan diduga berada dalam tahap pertumbuhan yangditandai dengan keberhasilan peran pemasaran dalam membangun Jaringandistribusi yang kuat serta kemampuannya untuk memperkenalkan merek.Informasi awal ini juga menunjukkan bahwa dalam kondisi tingkat persainganyang menuju ke hypercompetition, pemasar cenderung memutuskan untukmelakukan inovasi incremental. Dari variabel independen (peiuang pasar,persaingan, biaya, intuisi, kapabilitas dan citra merek), studi ini menemukanbahwa hanya variabel intuisi dan kapabilitas yang mendorong perusahaanmelakukan percepatan pengembangan produk.Intuisi eksekutif pemasaran yang semakin sering digunakan dan didukungdengan kapabilitas yang kuat mendorong perusahaan untuk semakin melakukanpercepatan pengembangan produk. Temuan penelitian menyatakan bahwapercepatan pengembangan produk memperkuat peran pemasaran dalammenciptakan, mengembangkan nilai dan menyebarkan nilai untuk menghasilkankinerja produk yang diharapkan. Peneliti mengajukan model penelitian alternatifuntuk melengkapi model penelitian orisinal yang menunjukkan bahwa efeklangsung percepatan pengembangan produk terhadap kinerja produk lebih besardibandingkan melalui peran pemasaran.Hasil penelitian memberikan implikasi teoritis bahwa intuisi dankapabilitas sebagai sumberdaya internal perusahaan dari Resource-Based Viewmenjadi faktor pendorong perusahaan melakukan percepatan pengembanganproduk. Implikasi manajerial diuraikan dalam lima area implikasi yakniorganisasi, sumberdaya manusia. pemasaran, inovasi dan manufacturing.Pemerintah juga perlu mengeluarkan kebijakan yang mampu mendukungpercepatan pengembangan produk yang dilakukan sehingga dapat mencapai hasilyang optimal. ABSTRACT More and more companies do accelerated product development by makingtime of product development shorter so products can be launched to marketas quickly as possible. Previous and exploration studies show that it iscaused by market opportunity, high cost, competition, intuition of thedecision makers, capability and brand image. Objective of the research is tofind out whether accelerated product development affects role of articulationand navigation function of marketing in producing product performance. Basedon Evolution Theory, Contingency Theory, Market-Based View, and Resource-Based View, model of the research was built up. Respondents are theproduct-category marketers in marketing divisions from middle-large scalefood companies in Indonesia. Returned questionnaires from 107 respondentswere processed using the Latent Variable Score (LVS). Pre-tests had donetwo times.The first identification result of this research strengthens the previousexploration studies that the food industry should be in the growing stagewhich is indicated by the success of marketing in building a strongdistribution network and their ability in introducing brands. This beginninginformation also shows that in the condition of the competition level thatmove in the hypercompetition, most of marketers decide to do the incrementalinnovation. From independent variables (market opportunity, competition, cost,intuition, capability, and brand image), this study finds that only intuition andcapability which push companies to do accelerated product development.The intuition of marketing executive which is more often used andsupported by strong capability push the companies to do more of acceleratedproduct development. Findings of the research state that accelerated productdevelopment strengthens the role of marketing in creating, developing, anddistributing values to produce product performance. The researcher propose thealternative research model to complete the original research model that showsthe direct effect of accelerated product development in producing productperformance is stronger than if it is through the role of marketing.The findings of research give theoretical implication that intuition andcapability as internal resources of companies from Resource- Based Viewbecome the factors that push companies to do accelerated productdevelopment. The managerial implication are in five areas: Organizations, humanresources, marketing, innovations, and manufacturing. Government must makeout a policy that can support accelerated product developments to reachoptimal result. |