:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengaruh konsentrasi levenol, dan berdasarkan dyeing constant (DC) terhadap kecerahan warna pada proses pencelupan benang akrilik 100 %

Anita Sulistia; Lilik Riswanto, supervisor; Asep Saefumillah, supervisor ([Publisher not identified] , 2007)

 Abstrak

ABSTRAK
Levenol Pan merupakan surfaktan kationik yang bersifat sebagai penghambat masuknya zat warna secara cepat ke dalam serat akrilik, sehingga pewarnaan menjadi rata. Dalam kondisi tertentu Levenol Pan tampak seperti membantu penyerapan zat warna, karena mempunyai muatan positif.
Tujuan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh besarnya Konstanta Pencelupan (DC) dalam penentuan konsentrasi Levenol Pan (Dodesildimetil benzil ammonium klorida). Serta mengetahui pengaruh konsentrasi Levenol Pan terhadap kecerahan warna pada benang akrilik 100 % hasil pencelupan.
Dalam PKL ini beberapa uji yang dilakukan adalah uji kecerahan warna, pengujian pH larutan celup, dan pengujian pH sisa larutan celup. Metode analisis yang digunakan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan PT. ACTEM.
Kecerahan warna (L) mempunyai skala nilai 0 (hitam) sampai 100 (putih). Artinya semakin besar nilai (L), warna akan semakin cerah. Sebaliknya semakin rendah nilai (L), kecerahannya semakin berkurang. Dari pengukuran kecerahan warna diketahui bahwa pada konsentrasi Levenol Pan yang terendah (1,24 %) menghasilkan nilai kecerahan warna (L) yang paling rendah, yaitu 18,08. Sebaliknya pada konsentrasi Levenol Pan yang paling tinggi (3,91 %) nilai kecerahan warnanya yang paling tinggi , yaitu 18,78.
Pada pengukuran kecerahan warna pada benang akrilik yang dicelup dengan sisa larutan celup diketahui bahwa pada konsentrasi Levenol Pan yang terendah (1,24 %) diperoleh nilai kecerahan warna (L) yang paling tinggi , yaitu 87,64. Sebaliknya pada konsentrasi Levenol Pan yang paling tinggi (3,91 %) diperoleh nilai kecerahan warna yang paling rendah , yaitu 73,78.

 File Digital: 1

Shelf
 TA1334-Anita Sulistia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : TA1334
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 72 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA1334 16-17-204500031 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20379289