:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengaruh variasi konsentrasi daun ketapang utuh (teriminalia catappa L) terhadap perubahan beberapa parameter air untuk pemanfaatan di bidang budidaya ikan hias air tawar

Dika Prima Prasetya; Ahmad Musa, supervisor; Erzi Rizal Azwar, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Dunia lingkungan air tawar merupakan bidang yang strategis dan potensial, baik dari segi ekonomi, iptek dan sosial. Kondisi lingkungan optimal bagi ikan air tawar yang sangat ditentukan oleh parameterparameter tertentu seperti: pH, DO, konduktivitas, salinitas, kesadahan, dan suhu dari suatu perikanan. Untuk mendapatkan pH lingkungan yang sesuai bagi biota air tawar sudah dapat dapat dilakukan dengan penggunaan daun ketapang yang dicampur dengan air pada berbagai perbandingan. Pada penelitian kali ini dilakukan simulasi perbandingan jumlah daun ketapang utuh yang dalam air, diukur pH, DO, temperatur, kesadahan, salinitas, dan konduktivitas. Dari hasil percobaan didapatkan jumlah daun ketapang optimal 100 g dalam 2 L dapat menurunkan pH dari 7,3 ke 6,34.
Ikan hias mempunyai kemampuan hidup pada lingkungan yang beragam. Sebagian orang menggunakan daun ketapang utuh sebagai cara alami untuk menurunkan pH air.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi daun ketapang utuh, serta konsentrasi optimumnya terhadap perubahan nilai pH air. Penelitian dilakukan pada bulan 18 September 2009 hingga 24 Oktober 2009 di Loka Riset Budidaya Ikan Hias Air Tawar, Depok.
Rancangan Acak Lengkap dengan 6 parameter dan empat kali ulangan. Pengamatan dilakukan dengan pengukuran kualitas air pagi dan sore hari untuk parameter pH, temperatur, DO, salinitas, konduktivitas, dan kesadahan menggunakan DO-meter, konduktivitas dan salinitas menggunakan konduktometer serta kesadahan menggunakan titrasi.
Dengan pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS (Statistics Product Service and Solution) 16.0 dan Microsoft Exel 2007, diketahui bahwa dengan penambahan daun ketapang utuh memberikan pengaruh nyata terhadap penurunan pH pada konsentrasi 100 g. Pada konsentrasi ini, pH air yang dihasilkan sebesar 6,34.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : TA1333
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 70 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA1333 16-17-327737097 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20379387