:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Implementasi web engineering design untuk memenuhi quality factor dari manajemen file pada aplikasi perpustakaan digital

Krishasto; Muhammad Salman, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Dalam mengembangkan sebuah Perpustakaan Digital maka manajemen file merupakan hal yang krusial, karena file-file tersebut ibarat buku-buku yang akan dicari oleh pengunjung. Oleh karena itu perlu dikembangkan sebuah sistem manajemen file yang dapat mernbantu pengunjung untuk melihat struktur kalegori file-file tersebut diletakkan dalam situs ini.
Dalam skripsi ini dirancang sebuah platform yang dapat menerapkan sistem file manajemen dengan menggunakan perangkat lunak PHP sebagai scripting language, Apache sebagai webserver, dan MySQL sebagai database pcnyimpan data file dan struklur direktori yang ada.
Empat hal yang menjadi parameter untuk menilai kualitas Web Application Perpustakaan Digital ini yaitu Usability, Functionality, Reliability, dan Efficiency. Empat hal ini sering disebut juga Quality Factor. Usability terkait dengan kemudahan menggunakan fasilitas yang ada, functionality terkait dengan fasilitas yang ada, reliability terkait dengan keandalan, dan eficiency terkait dengan kesederhanaan dan kecepatan.
Pembedaan hak akses (fasilitas dan fungsi yang disediakan) bagi pengunjung dibagi atas administrator, anggota, dan bukan anggota. File-file yang di-upload dikategorikan menjadi tipe ebook, kuliah, skripsi, dan images. Adanya statistik beberapa file yang sering dibaca atau di-download oleh pengunjung serta anggota juga terdapat pada Perpustakaan Digital ini.
Hasil angket menunjukkan kemudahan pengunjung menjelajahi direktori adalah mudah sebanyak 14% dan sangat-mudah sebanyak 57%, da_n biasa-saja sebanyak 29%. Kejelasan pengunjung mengenai pengelompokan dokumen sebanyak 71% merasa jelas dan sangat-jelas 29%. Proses administrasi dokumen digital oleh Administrator Web menurut rata-rata hasil angket adalah sangat-mudah dilakukan sebanyak 54,28% dan mudah dilakukan sebanyak 40%, serta biasa-saja 5,7l%.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Krishasto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S39282
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 51 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39282 14-21-418812106 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20382829