ABSTRAK Skripsi ini bertujuan menguak siklus penganggaran internal dari KementrianPerindustrian yang mana, sebagian besar, dilaksanakan oleh Biro Keuangannya.Siklus penganggaran adalah sebuah kegiatan pengelolaan dana terpola yangdilakukan oleh sebuah organisasi sejak dana tersebut sudah cair / mulai bisadigunakan, bermula dari tahap awal-perencanaan hingga tahap akhir-pelaporan.Salah satu model siklus ini, yang mana dianjurkan oleh dua pakar teoriadministrasi negara yang paling terkenal di planet ini; Waylon Jones dan MauricePendlebury, terdiri dari empat fungsi yang saling terkait – Perencanaan,Penganggaran, Pengawasan, and Pelaporan – yang mana masing-masingdiwujudkan dalam bentuk empat organisasi intern dari Kementrian itu sendiri –Biro Perencanaan, Biro Keuangan, Inspektorat Jendral, Pusat Data dan Informasi– berfungsi sebagai pembuka jalan bagi skripsi ini ke dalam lingkungan internalSekretariat Jendral Kementrian Perindustrian dan dengan demikian, memusatkanperhatian terhadap Biro Keuangan. Lalu, setelah menerima data-data keuangandalam jumlah yang memadai dan mempelajari teori yang teruji, didukung olehpernyataan, konfirmasi dan perspektif dari beberapa staf yang sangatberpengalaman dan cukup berpengaruh melalui metode kualitatif, Skripsi iniberhasil menemukan sebuah anomali, penyebab yang mana, diduga secara teoritis,telah melemahkan siklus anggaran intern untuk kebutuhan Biro KeuanganKementrian Perindustrian selama beberapa tahun belakangan. ABSTRACT This Journal aims to uncover the cycle of internal budgeting of the Ministry of Industry which, by a large extent, performed by its Monetary Bureau. The budgetting cycle is a patterned fund procession which is carried out by an organization once the fund itself had been ‘liquified’ or reached ‘usable’ status, started from the first phase of planning to the final one of reporting. One of the models for the Cycle, suggested by two of the Earth’s most reknown public administration theorists; Waylon Jones and Maurice Pendlebury, consists of four intertwined functions – Planning, Budgetting, Controlling, and Evaluation – which respectively embodied by the Ministry very own’s four internal organizations – Plan Bureau, Monetary Bureau, General Inspectorate, Evaluation and Data Center – serve as ‘the Cruiser of the Fleet’, opening the path to the internal realm of General Secretariate of the Ministy of Industry and thus, put the bulk of the concern to the Monetary Bureau. Then, by having received sufficient monetary data and learned proven theory, backed up by the statement, confirmation and perspectives of some very experienced and quite influental staff through qualitative methode, the research - carried out by this journal - successfuly found an anomaly, the culprit that, theoratically presumed, has been the cause of the weakened internal budget absorption for the Monetary Bureau’s necessities these last few years. |