ABSTRAK Kecerdasan Emosional merupakan kemampuan untuk merasakan emosi, mengendalikanperasaan dan pikiran, serta mengatur emosi yang dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin,tingkat pendidikan dan pengalaman praktik seseorang. Penelitian deskriptif korelasidengan pendekatan potong lintang (cross-sectional) bertujuan untuk mengetahuihubungan usia, jenis kelamin, masa studi dan pengalaman praktikum di rumah sakitdengan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa ilmu keperawatan. Sampel sebesar 198responden yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Hasil penelitianmenyatakan terdapat hubungan bermakna antara masa studi dengan tingkat kecerdasanemosional p-value = 0,021 (< α = 0,05) dan pengalaman praktikum di rumah sakitdengan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa p-value = 0,046 (< α = 0,05).Sedangkan tidak ada hubungan yang bermakna antara usia dan jenis kelamin dengantingkat kecerdasan emosional mahasiswa. Penelitian ini diharapkan membantu InstitusiPendidikan Keperawatan mengetahui tingkat kecerdasan emosional mahasiswanya. ABSTRACT Emotional intelligent is an ability to fell emotion, controlling mind and feeling, and alsoarrange emotion influenced by age, gender, educations level and experience of clinicalpractice. This descriptive-correlative research with cross-sectional approach, aim toidentify the correlation between age, gender, study period, practice experiences inhospital and level of emotional intelligent in nursing students. This research using 198participants (stratified random sampling). The result showed there were a significantrelationship between study period and level of emotional intelligent p-value = 0,021 (<α = 0,05) and also practice experiences in hospital and level of emotional intelligent pvalue= 0,046 (< α = 0,05). Meanwhile, there were no significant relations betweenages, gender, with level of emotional intelligent. This research expected to assistNursing College know level of emotional intelligent among students. |